Wagub Hanafiah Hadiri Penutupan TMMD WILTAS Ke-111 TA 2021

NUNUKAN – Mewakili Bupati Nunukan Wakil Bupati Nunukan, H. Hanafiah, SE., M.Si menghadiri acara Penutupan TMMD ke 111 Tahun 2021di Aula Makodim 0911/Nnk, Rabu (14/07).

Dalam sambutannya Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah., SE.,M.Si menyampaikan Penutupan kegiatan TNI manunggal membangun desa atau TMMD wilayah perbatasan yang ke 111 Kabupaten Nunukan setelah berlangsungnya kurang lebih 1 bulan kegiatan ini manunggal membangun desa TMMD wilayah perbatasan yang ke 111 tahun 2021 secara resmi berakhir pada tahun ini.

H.Hanafiah menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh jajaran tentara Nasional Indonesia yang telah menunjukkan sinergi dan kebersamaan yang kuat dengan masyarakat di desa Binusan.

Hanafiah berharap sinergitas ini akan terus terpelihara di masa-masa mendatang meskipun kegiatan TMMD ini sudah selesai karena semangat kebersamaan dan gotong royong inilah yang selama ini menjadi ciri dan kepribadian bangsa ini.

Lebih lanjut menurut Hanafiah minimnya sarana infrastruktur seperti Jalan, jembatan, saluran irigasi fasilitas pendidikan kesehatan di wilayah-wilayah sampai saat ini masih menjadi persoalan serius sehingga telah menyebabkan tingginya berbagai biaya yang harus dikeluarkan oleh masyarakat melalui alokasi dana desa.

Hanafiah percaya kemanunggalan TNI dan rakyat ini akan menjadi kekuatan luar biasa untuk mengatasi berbagai persoalan di masyarakat sekaligus menjadi benteng pertahanan yang kokoh bagi bangsa dan negara ini dalam menghadapi berbagai ancaman.

Lebih lanjut Hanafiah menyatakan bahwa kegiatan TMMD TNI selama ini telah banyak membantu pemerintah daerah dalam membangun atau memperbaiki berbagai sarana infrastruktur di berbagai wilayah pedesaan serta membantu meningkatkan kapasitas dan kemandirian masyarakat desa desa melalui berbagai kegiatan bakti sosial, penyuluhan dan pelatihan-pelatihan sehingga tidak mengherankan jika kegiatan TMMD selalu mendapat sambutan dan dukungan yang antusias dari masyarakat.

“Dibutuhkan komitmen dan konsistensi dari semua pihak dalam mengatasi persoalan tersebut secara bersama-sama, dan berbicara soal komitmen terhadap pengembangan dan pemberdayaan masyarakat di pedesaan maka TNI selalu berada di garis terdepan. Komitmen tersebut semata-mata dilandasi oleh sebuah keyakinan yang terpatri selama ini bahwa TNI dan rakyat tidak akan pernah bisa dipisahkan, bersama rakyat TNI kuat dan bermartabat tanpa rakyat TNI menjadi lemah dan tak berdaya. Oleh karena itu sebelum mengakhiri sambutan ini izinkanlah sekali lagi saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya ke kepada seluruh jajaran TNI dan semua pihak yang telah terlibat secara aktif mendukung kegiatan TMMD ini sehingga sukses dan semua yang telah direncanakan dapat tercapai dengan baik” ujar Hanafiah.

Dalam sambutannya Panglima Kodam Vl/Mulawarman selaku pengendali kegiatan operasional TNI Manunggal Membangun Desa Heri Wiranto,M.M.,M.Tr (Han).Mayor Jenderal TNI yang diwakili Dandim 0911/Nnk Letkol Czi. Eko Pur Indriyanto SE., M.L. Pol.,M.Tr. Han menyampaikan bahwa program TNI Manunggal Membangun Desa ke-111 TA 2021 yang diselenggarakan selama 30 hari ini merupakan Operasi Bakti TNI.

Kegiatan ini melibatkan Dinas Pemda, Polri, dan Instansi terkait lainnya serta masyarakat setempat. Pelaksanaan TMMD kali ini yang dilaksanakan di wilayah Kodim 0904/Pase, Kodim 0911/Nnk, Kodim 1009/ Tanah Laut dan Kodim 1010/Tapin mengambil tema ” TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri”.

Pelibatan TNI dalam program pemerintah pada dasarnya telah sesuai dengan amanat dalam UU TNI Nomor 34 tahun 2004 khususnya tentang tugas TNI pada OMSP, memberdayakan wilayah pertahanan secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta dan membantu tugas pemerintah di daerah dalam aspek pembangunan kualitas dan kesejahteraan masyarakat.

(Humas)