Resmi Terbentuk, Forum Komunikasi Wartawan Independen (FKWI) Babel Membuka Diri Bagi Siapapun Yang Mau Bergabung

Social share

PANGKALPINANG||BERANDANKRIoNEWS.COM|| MASIH MINIMNYA perhatian pemerintah kepada insan pers, mendorong beberapa jurnalis dari berbagai media mendirikan forum komunikasi wartawan bernama Forum Komunikasi Wartawan Independen (FKWI) Bangka Belitung.

Pendirian forum komunikasi wartawan independen tersebut diinisiasi tiga orang wartawan siber yang sehari-hari bergelut dalam dunia jurnalistik. Mereka terdiri dari Riduansyah akrab dipanggil Abie dipercaya sebagai Ketua Umum, Mangimpal Lumbantoruan, SS dari media BerandaNKRInews.com sebagai Sekretaris Jenderal dan Kris sebagai Bendahara Umum.

Selain alasan ingin memperjuangkan kesejahteraan insan pers, para penggagas FKWI Babel juga memiliki misi yaitu menjaga keberlangsungan demokrasi melalui karya-karya jurnalistik yang aktual dan objektif.

Mengenai adanya tudingan bahwa FKWI didirikan sebagai organisasi tandingan, dijawab datar oleh Riduansyah alias Abie. “Jika ada tudingan seperti itu sah-sah saja. Kita berada di alam demokrasi dimana setiap orang berhak menyatakan pendapat. Dan itu dilindungi UU,” jawab Abie.

Sebagai organisasi yang baru berdiri, tepat 13 Maret 2021, yang masih memerlukan banyak pembenahan dari sisi kelengkapan pos pengurus, perumusan AD/ART, hingga nantinya diaktekan di notaris.

Hal itu diungkapkan Mangimpal Lumbantoruan, S.S., bahwa mengacu kepada UUD 1945 disebutkan berserikat dan berkumpul dilindungi UU. “Alas hak kita jelas mengacu pada UU 1945 yang mengatur kebebasan berkumpul dan berserikat. Cuma FKWI ini menjadi spesial karena didalamnya adalah orang-orang media yang memiliki komitmen dan integritas tanpa embel-embel sesuai namanya FKWI: Forum Komunikasi Wartawan Independen. Kita wartawan, kita independen. Itu slogan kita,” tambah Mangimpal Lumbantoruan.

Sebagai informasi FKWI Babel menerima dan membuka diri bagi siapa saja wartawan cetak atau siber yang ingin bergabung sebagai anggota. Bagi yang berminat dapat menghubungi Ahmad Bustani Kepala Departen Keangggotaan dan Kaderisasi FKWI Babel.

Wartawan: Yogi Pranata, A.Md

Leave a Reply