Dikabarkan Bakal Maju Dalam Pilkada Tapanuli Utara 2024, Begini Respon Mangimpal Lumbantoruan

Social share

Tapanuli Utara||BerandaNKRInews.com||MESKI PERHELATAN Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang rencananya akan diadakan secara serentak pada 2024 nanti masih terbilang lama namun beberapa putra-putri terbaik dari Tapanuli Utara baik yang berdiam di Taput ataupun yang berdiaspora di negeri perantauan sudah mulai menunjukkan minatnya.

Salahsatunya Mangimpal Lumbantotuan. Putera kelahiran Butar Kecamatan Pagaran itu, meski tak menjawab secara lugas, dirinya tak menampik jika ia disebut-sebut ada dalam deretan yang bakal bertarung di Pemilihan Daerah (Pilkada) Tapanuli Utara untuk periode 2024-2029.

“Kalau pertanyaannya adalah apakah saya siap, tentu saya jawab “siap”. Sebagai putera daerah, terpanggillah saya membangun tanah kelahiran saya. Tapi, saya juga mengukur baju di badan. Dan mengingat Pilkada 2024 relatif lama, saya kira bakal banyak dinamika dan peristiwa politik yang akan kita saksikan bersama. Sebab bukan tidak mungkin Pilkada digelar 2023 akhir. Bisa saja. Ini politis dan cair”, ungkap Mangimpal Lumbantoruan selaku Direktur PT. Babelmedik Niaga Tama. Perusahaan yang bergerak di bidang penyaluran alat kesehatan dan perdagangan umum.

Saat disinggung rencana dirinya bakal maju lewat jalur independen bersama DR Tiopan Lumbangaol, S.T., M.M. manakala tidak ada kendaraan politik, ia menegaskan akan mengikuti perkembangan terlebih dulu melalui update informasi dari kawan-kawan media di Tapanuli Utara dan relawan kita yang tersebar di berbagai Kecamatan di wilayah Tapanuli Utara.

“Saya kira DR. Tiopan Lumbangaol, ST., MM adalah sosok yang mumpuni memimpin Kabupaten Tapanuli Utara. Ibarat makanan, beliau adalah paket lengkap. Kecakapan dalam dunia akademik dan pengalaman dalam mengurus organisasi tentu menjadi modal beliau dalam bertarung dalam Pilkada,” balas Mangimpal Lumbantoruan alias Impal melalui sambungan telpon. Pria yang juga Ketua Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) Provinsi Kep. Bangka Belitung mengungkapkan bahwa dirinya siapa mendukung dan didukung dalam Pilkada Taput nanti.

Ia juga berharap minset pembangunan Taput kedepan berorientasi tidak hanya pada pengembangan pembangunan infrastruktur namun berorientasi pada kesejahteraan petani sebab mayoritas penduduk Tapanuli Utara adalah petani yang mengandalkan hasil pertanian.

“Saya kira siapapun yang akan bertarung di Pilkada Taput 2024 nanti mesti memfokuskan program kepada sektor pertanian, pariwisata berbasis budaya, perdagangan dan UMKM. Sektor itu yang harus dikembangkan,” jelas Mangimpal Lumbantoruan.

Dirinya berharap paradigma tentang komposisi bakal calon harus mewakili Marga-Marga di Silindung dan Luar Silindung, perlu diperbaiki.

“Mengenai kandidat atau Pasangan Calon (Paslon) mesti mewakili Klan Selindung dan Luar Selindung, saya kira pemikiran itu tidak produktif ya. Siapapun dia, sepanjang ada dukungan Parpol atau masyarakat, silahkan berkompesiti. Jangan sesekali kita masuk dalam ranah sektoral historis sempit yang hanya menjauhkan kita dari cita-cita memajukan Tapanuli Utara,” ungkap Mangimpal Lumbantoruan menutup pembicaraan dengan insan media. (*)

Wartawan: Yogi Pranata, A.Md

Mangimpal Lumbantoruan Selaku Ketua DPW APKLI Babel menyerahkan plakat kepada Kapolda Babel Irjen Pol Anang Syarih Hidayat