Pemkab Asmat Gelar Upacara HUT RI Ke 76 Secara Khidmat dan Sederhana

ASMAT | Berandankrinews.com. Upacara memperingati HUT ke 76 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2021 yang berlangsung di Lapangan Pelabuhan Agats, Kabupaten Asmat, Selasa (17/8/21).

Bupati Asmat Elisa Kambu memimpin upacara dan bertindak sebagai komandan upacara adalah Ipda Irwan, Teks UUD 1945 dibacakan oleh Kadis Kesbangpol Rulan Yambise, sedangakn teks Proklamasi dibacakan oleh Ketua DPRD Asmat Youel Mangaprouw.

Meski peserta upacara sangat terbatas, namun upacara berlangsung khidmat dan sederhana

Setelah upacara, Bupati Asmat, Sekda dan pimpinan TNI Polri melaksanakan tabur bunga di jembatan pelabuhan Agats, Kabupaten Asmat.

Upacara tabur bunga dipimpin Sekda Asmat Bartholomeus Bokoropces. Sementara komandan upacara yaitu, Letda.Laut (P) Sugianto, dihadiri seluruh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Asmat, diantaranya Kapolres Asmat AKBP.Dhani Gumilar, Pabung 1707 Merauke/Asmat Mayor. Inf. Rustam Pauwa, Wadan Satgas 315/Garuda Asmat Mayor. Inf. Dikky Agustio,S.Or

Elisa Kambu menyampaikan pidato, momentum peringatan HUT ke 76 RI menjadi refleksi perjalanan pembangunan Indonesia.

“Khususnya kita di Asmat, harus tetap maju dan berkembang dari semua sisi,” ujarnya.

Elisa Kambu juga menegaskan, Asmat tidak boleh kalah dengan daerah lainnya meski berada di pedalaman Papua.

“Kita tidak boleh kalah dengan daerah lain. Kita pasti bisa untuk mensukseskan pembangunan dari kampung, distrik hingga kota,” tegasnya

Elisa mengimbau kepada masyarakat di seluruh pelosok Asmat agar tetap jaga perdamaian dan kesatuan antar sesama. “Karena kita di Asmat satu bangsa, satu tanah air Indonesia,” tegas Elisa saat pidato HUT RI ke 76.

Arjuna Wiwaha

Kabiro Papua