Pasar Malam Boleh Beroperasi Kembali, Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) Apresiasi Gubernur Babel

BerandaNKRInews.com, Pangkalpinang–Pedagang Kaki Lima (PKL) yang membuka lapak di Pasar Malam kini bisa bernafas lega. Pasalnya, Pasar Malam yang vakum beberapa Minggu belakangan sudah bisa kembali beroperasi setelah Satgas Covid 19 Bangka Belitung dan Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) menandatangani Nota Kesepahaman Bersama pada Rabu 1 September 2021, bertempat di kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bangka Belitung, Jl. Profesi (eks Kantor Profesi) Air Itam, Pangkalpinang.

Salahsatu poin dalam Nota Kesepahaman itu adalah diperbolehkannya kembali Pasar Malam di level 3, 2, 1, dengan pembatasan pembeli 50% dengan pemberlakuan protokol kesehatan (Prokes) yang ketat berupa pewajiban pedagang dan pembeli untuk mengenakan masker, jaga jarak antara satu lapak dengan yang lain, dan penyediaan tempat cuci tangan di lokasi Pasar Malam.

Penandatanganan Nota Kesepahaman dihadiri langsung oleh Mikron Antariksa selaku sekretaris Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid 19 Babel yang juga menjabat sebagai Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kep. Bangka Belitung. Sementara itu dari pihak Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) Babel dihadiri oleh Mangimpal Lumbantoruan selaku ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) Babel beserta ketua dan sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) APKLI se-Babel dan disaksikan oleh perwakilan dari Polda Babel, Kompol Ade.

Usai pertemuan, Sekretaris Satuan Tugas (Kasatgas) Penanggulangan Covid 19 Babel, Mikron Antariksa, A.Ks., M.Si mengatakan bahwa Nota Kesepahaman antara Satgas Covid 19 Babel dengan APKLI Babel yang ditandatangani hari ini (Rabu, 01/09/2021), perlu dilakukan sebagai acuan kerja di lapangan dan bentuk dukungan pemerintah Provinsi Kep. Bangka Belitung kepada pedagang kaki lima (PKL) dan pelaku ekonomi mikro yang selama ini vakum berjualan sebagai akibat dari pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 di beberapa Kabupaten dan Kota di Provinsi Kep. Bangka Belitung.

Dalam kesempatan yang sama ketua DPW APKLI Babel, Mangimpal Lumbantoruan, S.S mengapresiasi kebijakan Gubernur Bangka Belitung Erzaldi Rosman yang telah memerintahkan Kepala Pelaksanan BPBD Babel Provinsi Kep. Bangka Belitung, Mikron Antariksa segera menyelesaikan persoalan yang dihadapi Pedagang Kaki lima (PKL) Pasar Malam.

Di penghujung acara, Mangimpal Lumbantoruan tak lupa mengucapkan terima kasih kepada ketua DPRD Babel Herman Suhadi dan kepada Kapolda Bangka Belitung Irjen Pol Anang Syarif Hidayat, karena telah membantu supaya pasar malam kembali dibuka.

Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sebuah peristiwa besar sudah kita laksanakan. Pasar Malam sudah dibuka kembali. Silahkan kawan-kawan PKL berdagang seperti sediakala dengan memperhatikan Prokes,” tutup Mangimpal Lumbantoruan yang akrab dipanggil Impal Medan. (*)

Wartawan : Agus Muslim, SH
Editor : YP