Kini, Produk UMKM Semakin Naik Level

PANGKALPINANG, BerandaNKRInews.com--Semakin banyaknya ritel modern yang bertebaran, membawa konsekuensi pada keberlangsungan usaha kecil dan menengah. Hal ini pun menjadi kekhawatiran Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Melati Erzaldi karena dapat menjadi awal dari kekalahan produk lokal.

Untuk itu, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah guna mendorong para UMKM untuk terus meningkatkan produksinya demi mewujudkan _tagline_ UMKM naik level atau naik kelas.

Dan kabar gembiranya, kini produk-produk lokal Bangka Belitung telah mendapat dukungan dari salah satu perusahaan ritel, yakni Transmart. Pada salah satu rak di area makanan lantai satu Transmart Pangkalpinang, berisi beragam produk lokal UMKM. Mulai dari getas, terasi, madu, hingga kerajinan tangan. Bahkan nantinya akan ada produk beras juga.

Menanggapinya, Ketua Dekranasda Babel ini sangat berterimakasih dan mengaku senang akan hal tersebut. Hal itu diungkapkannya ketika mengobrol dengan General Manager Transmart Pangkapinang, M. Taufik Djen Amar, sebelum menghadiri acara _Home Concert #4 Cantabile_ Musik 2021, di Transmart Pangkalpinang, Sabtu (27/11/2021).

“Ini adalah bukti, bahwa kerja keras teman-teman UMKM semakin naik level dan menunjukkan kelasnya,” ungkapnya

Istri orang nomor satu di Bangka Belitung ini pun berharap, kedepan, produk UMKM tidak hanya ada pada satu rak saja. Namun, akan ada banyak rak-rak lain yang siap menampilkan produk-produk lokal asli Bangka Belitung. Harapannya, UMKM dapat semakin meningkatkan standarnya untuk masuk ke pasar-pasar modern.

Tak lupa, Melati Erzaldi juga mengingatkan agar pelaku UMKM terus berinovasi. Karena dengan adanya inovasi baru, akan dapat meningkatkan dan membuka pasar yang lebih luas.

“Ini adalah hasil yang baik, temen-temen UMKM terus semangat untuk berkreasi dan menaikkan kelasnya,” pungkasnya.

Wartawan : Yogi Pranata
Sumber : Diskominfo Babel

#UMKM