Jajaran Personil Polres Nunukan Mengikuti Latihan Pra Operasi

Social share

Nunuka Kaltara, Berandankrinews.com-Kepolisian Resort (Polres) Nunukan melaksanakan Latihan Pra Operasi dengan tema “Mantap Brata Kayan 2018” di Aula Mapolres Nunukan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Kegiatan itu berlangsung selama dua hari pada 27-28 September 2018,diikuti seluruh anggota polri yang berada di Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Kapolres Nunukan AKBP. Jefri Yuniardi SIK, Melalui Kasubag Humas Polres Nunukan Iptu. M.karyadi dinunukan mengatakan sesuai arahan dari kapolri melalui video confere, dan tindaklanjut dari polda kaltara, dengan operasi mantap brata telah di gelar dengan latihan operasi yang berjalan mulai 23/9,

“polres Nunukan pada hari ini baru digelar pelatihan pra operasi, sebelum kepolisian melakukan kegiatan operasi mantap brata dengan sandi kayan 2018, seluruh personel yang terlibat dalam pengamanan operasi mantap brata harus memahami baik di bidang lalulintas, Sabhara, reskrim, karena kegiatan pileg dan pilpres ini sangat panjang, ini sudah memasuki masa kampanye dengan jadwal 23 september 2018-13 April 2019, sesuai jadwal yang ditentukan KPU pusat dan daerah kabupaten” ujar M.karyadi, Kamis (27/9)

Ia menambahkan dengan latihan itu seluruh personel harus memahami bagaimana nantinya teknis melakukan pengamanan ccps, kampanye,rapat umum dan kampanye pemetaan spanduk.

Selain itu ia juga menuturkan jika Kepolisian harus Netral dalam hal yang berbau politik

“Netralitas kepolisian ini harus dijaga,ini juga sudah warningkan bahwa kepolisian harus netral dalam mengamankan kampanye pileg dan pilpres.” tutur karyadi

Kegiatan latihan pra operasi itu diberikan materi langsung oleh kasat yang membidangi hal pengamanan kampanye yang telah mengikuti simulasi yang diikuti di polda kaltara diantaranya kasat reskrim.

“nantinya pemateri dari kasat reskrim langsung yang akan memberikan pelatihan dan simulasi
Nanti bagaimana teknis penanganan tindak pidana pemilu karena kita tergabung dalam Sentra Gakkumdu termasuk Kejaksaan dan panwaslu kabupaten” tambahnya

Dengan Pelatihan itu nantinya akan diajarkan simulasi kampanye kepada seluruh personil yang terlibat dalam pengamanan pemilu.

“dari pelatihan ini akan diajarkan simulasi mengamankan kejadian yang berada dilapangan,Mulai dari kampanye hingga penghitungan suara itu harus difahami anggota kepolisian”, jelasnya.

Karyadi menuturkan terutama yang ada diwilayah seperti dikecamatan babinkamtimas dan polsek itu didorong harus aktif komunikasi dengan panitia dikecamatan dan memonitor kegiatan yang ada diwilayah masing-masing.

“khususnya yang diwilayah lebih aktif berkomunikasi dengan panitia dikecamatan”, tutur M.karyadi.

Penulis : OV