BP3TKI Kembali Memulangkan 34 Orang TKI Ke Daerahnya

Nunukan (Kaltara), Sebanyak 34 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dipulangkan ke daerah asal mereka dengan difasilitasi oleh BP3TKI, setelah beberapa hari berada di Rusunawa, sore tadi Personil Kodim 0911 bersama petugas BP3TKI membawa dan mengawal langsung ke 34 orang TKI itu ke dermaga Pelabuhan Tunon Taka Kabupaten Nunukan, Kaltara. Jumat (28/9) pada pukul. 15.45 wib.

Sebelum naik ke atas Kapal KM. Siguntang, Puluhan TKI diberikan Arahan oleh anggota Kodim 0911 Nunukan. Foto: Yusuf P.

Ke 34 orang tki itu akan dipulangkan ke daerah masing masing yakni Balikpapan, dan pare-pare, Sulawesi Selatan. Dengan KM.Bukit Siguntang.

Arbain menuturkan jumlah TKI yang dideportasi dari Malaysia melalui konsulat di Tawau sesuai dengan Database sebanyak 176 orang TKI, namun yang di pulangkan ke daerah asalnya sebanyak 34 orang, sedangkan yang lainya telah dijemput oleh kelurgannya dan juga di pekerjakan oleh Perusahaan jasa tenaga Kerja alias Perseroan Terbatas. Dari 34 orang tki itu saja yang ditangani BP3TKI Kabupaten Nunukan.
Untuk dibekali Bela Negara kemudian dikembalikan ke daerah asal masing-masing dengan anggaran biaya Negara.

Lanjut, Arbain TKI tersebut kita pulangkan ke pare-pare dan disana nantinya mereka dijemput oleh keluarganya.

“Selama perjalanan dari pelabuhan Tunon Taka Kabupaten Nunukan hingga sampai di pelabuhan Pare-Pare TKI yang berjumlah 34 itu didampingi BP3TKI dan diantar ketempat tujuan masing masing. Begitu Juga ada TKI yang tujuan makassar secara otomatis anggota Bp3TKI makssar menjemput dan mengantar ke alamat tujuan masing-masing sekalipun ada keluarganya yang menjemput harus tetap didampingi oleh anggota BP3 TKI, jelas ini merupakan tanggungjawab “kata Arbain kepada media ini.

Ia menambahkan kita memanjakan mereka (TKI, Red) dan memanusiakan Manusia, karena mereka adalah penyumbang devisa terbesar bagi Negara.

Nurdin salah satu TKI sebelum berangkat diwawancarai media ini mengatakan salut dan bangga atas pelayanan BP3TKI.

“selama kami dipenampungan 8 hari kami diberi makan sehari tiga kali, disiapkan Air Bersih dan kalau pagi olah raga yang dibina oleh Anggota Kodim 0911 bersama oleh BP3 TKI Nunukan”, ujar Nurdin

Diketahui jumlah TKI yang dipulangkan berjumlah 34 orang, 6 orang wanita, 1 bayi perempuan dan 27 Orang laki-laki.

Penulis : Yusuf Palimbongan