Bakal Maju Dalam Pilkada Taput, Ini Profil Mangimpal Lumbantoruan

PANGKALPINANG, BerandaNKRInews.com— MESKI Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) masih relatif lama yakni 2024, namun nama-nama yang bakal “turun gunung” dalam Pilkada Taput sudah mulai santer terdengar.

Adalah Mangimpal Lumbantoruan yang namanya mulai disebut-sebut bakal maju dalam Pilkada Taput 2024. Sosok muda  kelahiran Banualuhu tahun 1979 ini dipercaya memiliki kans besar memenangkan Pilkada Taput 2024.

Melalui group Facebook (FB) Taput Gemilang (Generasi Milenial Melayani Riang Gembira) , Mangimpal Lumbantoruan menyampaikan motif dirinya ingin terjun dalam konstestasi Pilkada Taput adalah menawarkan konsep milenial dalam pemerintahan yaitu 3 M (Melayani, Menguatkan, Mensejahterakan).

“Konsep pemimpin sebagai sosok yang harus dilayani harus dirubah. Paradigma itu sudah ketinggalan jaman. Pemimpin di era ini ya melayani tepatnya parhobas untuk masyarakat,” ungkap Mangimpal Lumbantoruan.

Masih menurut Mangimpal Lumbantoruan, konsep parhobas (pelayan) adalah pendekatan berbasis kultural. “Semua orang Batak kan anak ni raja (anak raja, red) dan boru ni raja (Puteri raja, red) maka sejatinya memimpin para anak ni raja dan boru ni raja itu ya pendekatan humanis, unsurnya parhobas tadi, tanpa mengilangkan esensi leadership (kepemimpinan, red), ketegasan dan kewibawaan.

“Parhobas (melayani, red) adalah pendekatan yang saya pilih untuk diterapkan jika terpilih. Seluruh aparatur negara di lingkungan Pemkab Taput ya harus jadi parhobas,”

Ketika dirinya ditanya tentang Partai Politik mana saja yang akan ia dekati, Mangimpal Lumbantoruan mengatakan sudah berkomunikasi dengan beberapa elit pengurus Parpol di Tapanuli Utara namun dirinya yakin jikapun tidak dapat tiket melalui Parpol, ia akan berjuang melalui jalur independen.

“Saya kira belum kearah sana ya. Idealnya kan melalui jalur Parpol ya. Namun saya tidak menutup kemungkinan maju lewat jalur independen semata-mata ingin mengedukasi masyarakat bahwa konsep transaksional elektoral harus ditinggalkan demi menggapai Taput Gemilang,” tutup Mangimpal Lumbantoruan penuh optimisme.

Profil singkat:

Nama: Mangimpal Lumban Toruan (MLT)

Tempat/Tgl Lahir: Banualuhu, 11 Oktober 1979

Domisili: Pangkalpinang, Prov. Bangka Belitung

Pekerjaaan: Kontraktor

Organisasi: 1. Ketua Asosiasi Pedagang Kaki Lima Indonesia (APKLI) Bangka Belitung. 2) Wakil Ketua Kadin Kota Pangkalpinang 3) Wakil Sekretaris DPD APERSI Babel