21 TK dan Paud Nunukan Ikuti Manasik Haji Cilik di Islamic Center

Social share

Kanak-Kanak (TK) dan Pendidikan Abak Usia Dini Kecamatan Nunukan dan Nunukan Selatan, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara mengikuti kegiatan Manasik Haji Cilik, yang dibuka oleh Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI) bekerjasama dengan Himpaudi, bertempat di Islamic Center Nunukan, Sabtu (14/09/2019).

Manasik ini untuk memberikan pengetahuan kepada anak usia dini tentang nilai-nilai islam terutama tata cara menunaikan rukun melaksanakan ibadah haji.

Terpantau sebanyak 21 Lembaga yang terdiri dari TK dan PAUD dengan jumlah peserta 500 Anak mengenakan pakaian Ihram serba putih serta mempraktikkan langsung rukun haji dengan Tawaf mengelilingi kakbah didampingi para wali murid.

Selain itu juga, Peserta diajar melakukan Shalat dua rakaat di Makam Ibrahim, minum air zam-zam, melakukan Sa’i serta berdoa di bukit Shafa dan Marwah dan melempar Jumrah.

Ketua Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGTKI), Farida mengatakan bahwa kegiatan ini berguna untuk memberikan pengetahuan kepada anak usia dini tentang nilai-nilai Islam dan manasik haji cilik.

“Kita mengajarkan anak-anak ini mulai dari Miqat hingga Tahalul, mereka masing masing dibimbing oleh wali muridnya, “jelas Farida

Farida berharap dengan kegiatan manasik haji cilik, mereka memiliki pengetahuan dasar, sehingga sudah paham rukun Islam kelima yakni ibadah haji.

“Minimal Anak-Anak sudah memahami tata cara Manasik, meskipun tidak semua. Alhamdulillah orang tuanya antusias dan ini kami lakukan agar para orang tua murid termotivasi untuk lebih memahami lagi bagaimana islam itu,”

Lanjutnya, peserta yang ada saat ini untuk sementara kita undang hanya cakupan Kecamatan Nunukan dan Kecamatan Nunukan Selatan, karena jika kita mengajak yang dari luar terbentur dengan transportasi dan tempat tinggal. (OV)