Warga Desa Belilik Diresahkan Bau Busuk Menyengat

PANGKALAN BARU||BerandaNKRInews.com|| Pabrik minyak kelapa sawit milik PT. Putra Bangka Tani yang berlokasi di Desa Belilik Kecamatan Namang itu membuat warga Desa Belilik dan sekitarnya merasa resah, Pasalnya selain berbau busuk menyengat, beberapa warga merasakan sesak nafas.

Kepala Desa Belilik, Muldari, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa Pemerintah Desa (Belilik, Red) sudah dua kali melayangkan surat ke pihak perusahaan.

“Ya, kita lihat sendiri lah disana, kalau limbah itu sebenarnya tidak tumpah, dan kami sampai saat ini sudah dua kali melayangkan surat baik itu masalah bau, jalan, dan perbaikan jalan desa, tapi tidak ada tanggapan dari Perusahaan, WA saya juga nggak di balas sama Denden.”Ujar Kades Belilik.

Selaku putra asli Desa Belilik, Renaldi juga menyampaikan kekesalan nya terhadap perusahaan sawit tersebut.

“Saya pribadi dari awal memang tidak setuju dengan keberadaan pabrik ini, karna memang kalo berbicara terkait bau, pasti bau, kita berkaca dengan pabrik pabrik lain, apa ada solusi terkait bau limbah nya, ini bau nya sampai ke kamar kamar. jika kedepan masih juga tercium bau seperti ini, maka jangan salahkan kami,” ungkap Renaldi.

Selain itu kekesalan ini juga diungkapkan oleh masyarakat Desa kurau, yakni Andra Rafi.

” Kurau dapet bau e lah luk kali ( Kurau sudah dulu terkena bau) Kami yg dak de kebon sawit ge dapat imbas bau a ( Kami tidak punya kebun sawit,tapi terkena imbas bau nya).” Tutup Andra.

Sumber: Renaldi
Editor: Agus Muslim, S