Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Kabupaten Nunukan Berjalan Lancar dan Hikmat 

NUNUKAN – Wakil Bupati Nunukan H. Hanafiah, SE M Si menjadi Inspektur Upacara (Irup) Peringatan Hari Lahir Pancasila, yang mengusung Tema “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”, bertempat di halaman Kantor Bupati Nunukan, Kamis (01/06/2023) Pagi.

Rangkaian upacara yang berjalan lancar dan penuh hikmat tersebut diawali dengan laporan komandan upacara yakni LETDA (CHB) Muhammad Rizki Fathurahman, ST kepada Inspektur Upacara, dilanjutkan dengan pembacaan Teks Pancasila, pembacaan Naskah Pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945, pembacaan Doa oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Nunukan, serta pengibaran Bendera Merah Putih.

Dalam Kesempatan tersebut Wakil Bupati H. Hanafiah menyampaikan Amanat Bupati Nunukan yang mengatakan peringatan hari ini adalah sebagai sebuah momen bersejarah bagi Bangsa Indonesia, yaitu Pancasila dilahirkan, pada tanggal 1 Juni yang digagas pertama kali oleh Presiden Pertama Republik Indonesia Sukarno.

“Kita mengenang dan merayakan kelahiran Pancasila sebagai pondasi kuat yang mengarahkan kita menuju kehidupan Berbangsa dan Bernegara yang adil, makmur, dan beradab, Pancasila, yang terdiri dari lima sila yang saling melengkapi, membawa pesan-pesan Luhur yang menjadi pedoman hidup Bangsa hingga saat ini”, Ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa Pancasila bukanlah sekadar kata-kata dalam selembar kertas atau terpampang di ruangan kelas dan ruangan kerja semata, tetapi Pancasila adalah semangat dan jiwa Bangsa Indonesia yang harus tercermin dalam tindakan dan sikap sehari-hari dapat mengamalkan nilai-nilai Luhur Pancasila dalam segala aspek kehidupan, mulai dari keluarga, sekolah, hingga masyarakat luas.

Wabup juga menyampaikan pesan kepada seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Nunukan untuk bisa terus meningkatkan persatuan dan kesatuan, terus menjaga persatuan dalam menjaga keutuhan NKRI.

“Mari kita tingkatkan toleransi, saling menghormati, dan bekerja sama untuk membangun Negara yang maju dan sejahtera. marilah kita tingkatkan rasa kebanggaan kita sebagai anak Bangsa, merawat dan mempertahankan persatuan dan kesatuan bangsa kita”, Jelasnya.

Selain itu, menurut H. Hanafiah Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2023 yang mengangkat Tema “Gotong Royong Membangun Peradaban Dan Pertumbuhan Global” telah mengingatkan kita semua sebagai Bangsa Indonesia untuk lebih berperan aktif dalam Era Globalisasi, turut memberikan sumbangsih yang nyata dalam Pembangunan Peradaban Dunia dengan membawa Nilai Nilai Pancasila sebagai nafasnya,

” Hal ini tentunya tidaklah mudah, di tengah kemajuan perkembangan teknologi yang semakin kompetitif, saya percaya semangat Pancasila akan terus terpatri dalam Hati Nurani kita sebagai Bangsa Indonesia”, tambahnya.

(PROKOMPIM)