Sulit Lalui Medan, Kades Binusan Beli 3 Unit Motor Trail

Social share

NUNUKAN – Untuk memudahkan dalam bekerja dan memberikan pelayanan kepada masyarakat, Kepala Desa (Kades) Binusan, Kabupaten Nunukan, akhirnya membeli tiga unit sepeda motor trail, belum lama ini.

Kades Binusan, Rudi Hartono mengatakan, pengadaan motor ini sejatinya adalah program dari Kades sebelumnya. Sebab, dirinya baru kurang lebih sebulan menjabat sebagai Kades Binusan. “Saya hanya melanjutkan program Kades sebelumya. Memang, pembeliannya saat saya menjabat tapi ini sudah diprogram dari sebelum saya menjabat dan baru sekarang datang unitnya,” terangnya kepada Berandankrinews.com, Rabu (2/10) pagi.

Untuk pembelian tiga unit motor trail ini, kata dia, menggunakan anggaran dana desa sebesar kurang lebih Rp102 juta. Harga ini sudah termasuk dengan pajak dan sebagainya. “Jadi dibelinya motor ini karena memang kita kesulitan dalam melakukan pengukuran. Karena akses masuk ke lahan warga itu sangat sulit dan hanya bisa dilalui kendaraan roda dua saja,” pungkasnya.

Selama ini, kata dia, jika menggunakan sepeda motor yang biasa maka akan mengeluarkan biaya perawatan yang cukup besar. Beda dengan motor trail yang memang diperuntukan untuk medan yang ekstrim. “Kemudian, kalau kita menggunakan motor yang biasa akan cepat rusak dan tidak mampu melewati medan ektrim. Sementara permintaan masyarakat terhadap pengukuran sangat tinggi,” tuturnya.

Dalam seminggu, kata dia, permintaan masyarakat bisa mencapai tiga hingga empat lokasi pengukuran. Dan itu, jaraknya pun begitu jauh. Sehingga dengan alasan  inilah pengadaan tiga motor trail dilakukan. “Bayangkan kalau dalam seminggu ada tiga atau empat pengukuran. Ini sangat menyulitkan kita kalau menggunakan motor biasa. Sementara mobil tidak bisa masuk,” tambahnya.(Irwan)