Hendrawan Dukung Rencana Kodim 0911/Nunukan Terkait Rencana Pengelolaan 100 Hektar Lahan Percontohan

Social share

Nunukan – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Nunukan, Hendrawan memaklumi apabila ada sebagian masyarakat yang pesimis apabila Nunukan mampu menjadi salah satu daerah penyangga pangan untuk Ibu Kota Negara (IKN) nantinya. Hal tersebut karena selama ini barang pangan dan beberapa kebutuhan lain untuk masyarakat Nunukan masih dipasok dari luar Nunukan terutama dari Jawa dan Sulawesi bahkan ada yang dari Sabah, Malaysia.

Namun Politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem) tersebut meminta masyarakat untuk tak larut dalam pesimisme. Pasalnya, banyak daerah dan negara yang pada awalnya dianggap tak mampu bangkit dari keterpurukan namun kini justru menjadi pemasok kebutuhan bagi pihak – pihak yang dulu meremehkanya,

“Vietnam contohnya. Kita pasti ingat bagaimana negara tersebut mengalami keterpurukan bahkan untuk makan saja sampai dipasok dari donatur. Tapi siapa sangka Vietnam yang dulu miskin dan memprihatinkan kini menjadi salah satu negara terkaya di Asia,” ujar Hendrawan, Rabu (2/10/2019)

Sedangkan Nunukan tak separah Vietnam yang berarti menurut Hendra, sangat besar celah dan kesempatan bagi Nunukan untuk membuktikan diri sebagai salah satu daerah penyangga pangan IKN. Bahkan tak hanya itu, Hendrawan meyakini apabila semua pihak bersinergi, maka Nunukan tak hanya mampu menjadi penyangga pangan IKN tapi juga akan menjadi Lumbung Pangan Nasional.

Salah satu cara mewujudkannya menurut Hendrawan adalah memaksimalkan pengelolaan lahan-lahan yang selama terbiarkan (lahan tidur) menjadi lahan produktif. Untuk itu terkait rencana Kodim 0911/NNK yang meminta lahan 100 hektar kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nunukan sebagai lahan percontohan, merupakan rencana yang sangat tepat dan layak didukung semua pihak.

“Kita tak bisa pungkiri, selain strategi tentang Hankam, TNI juga ahli dalam strategi olah pertanian. Sehingga rencana peminjaman 100 hektar lahan sebagai area percontohan menurut saya sangat layak untuk didukung,” tandas Hendrawan

Ia pun berharap Bupati Nunukan selekasnya merespon permintaan Kodim tersebut. Dandim Nunukan, menurut Hendrawan pasti juga telah mempunyai perhitungan dan pemetaan sendiri terkait komoditas yang akan di kembang biakan. Hendrawan juga meyakini bahwa percontohan dari olah pertanian yang baik, pasti akan bermuara kepada kesejahteraan masyarakat nantinya.

“Pasti masyarakat juga nantinya yang akan merasakan manfaatnya. Saya berharap Bupati secepatnya merespon rencana dari Dandim Nunukan tersebut,” pungkasnya. (eddySantry)