PSI Babel Tolak Rencana Pemkab Bangka Barat Berutang Demi Pekan Olahraga Provinsi VI

  1. Pangkalpinang, BerandaNKRInews.com–RENCANA Bupati Bangka Barat meminjam uang dari Bank Sumsel Babel dan PT. SMI demi menyelenggarakan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI menuai banyak sorotan.

    Salahsatu sorotan datang dari Dr. Mika selaku Ketua DPW PSI Babel secara lugas menolak rencana tersebut.

    Dr. Mika mempertanyakan urgensi berutang demi sebuah penyelenggaraan even olahraga yang menurut Dr Mika tidak proporsional dari sisi anggaran dan timing.

    “Meminjam uang miliran, kabarnya 42 Miliar, dengan bunga sekian persen, dengan apa Pemkab Babar membayar itu? Berapa lama masa pembayaran? Saya sepakat Porprov VI penting tapi ada yang lebih penting saat ini yaitu pembenahan ekonomi akibat pandemi,” ungkap Dr Mika.

    Dr. Mika meminta Pemkab Babar menahan diri. Saat ini pembenahan UMKM, pendampingan UMKM, lebih mendesak dibanding even seremonial, terlebih dana tersebut akan berasal dari pinjaman.

    Dr. Mika juga mengingatkan Bupati supaya fokus benahi pelayanan kesehatan masyarakat. “Sudah menjadi rahasi umum, di RSUD Sejiran Setason ada alat penghasil oksigen yang mangkrak. Kenapa nggak fokus benahi itu?” Tanya Dr. Mika.

    Pria yang dikenal vokal menyuarakan aspirasi masyarakat bawah ini juga menyoroti keadaan kas daerah. “Dalam beberapa kesempatan Pak Bupati kan bilang Pemkab sedang defisit, ya fokus aja menggali potensi PAD dari pariwisata, misalnya, bukan malah menambah beban dengan cara berutang!” Tegas Dr. Mika.

    Terkait rencana Pemkab Bangka Barat meminjam sejumlah uang demi terselenggaranya Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI tahun 2023 sudah dikonfirmasi oleh jurnalis Beranda kepada Bupati Bangka Barat namun hingga berita ini dinaikkan Bupati Bangka Barat belum merespon. (*)

    Wartawan: Yogi Pranata