Peringati Hari Lahir Pancasila, Danrem 141 Bone: Pancasila Sebagai Bintang Penuntun Ideologi Negara Harus di Perjuangkan

Berandankrinews.com- Jeneponto, Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh pada 1 Juni 2019, di Lapangan Ibrahim Tulle Yonif 726/Tml di Kelurahan Bulujaya Kecamatan Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto, Sabtu (1/6/19), Danrem 141/Tp Kolonel Inf Suwarno S.A.P bertindak sebagai Inpektur Upacara, Komandan Upacara diambil alih Kasdim 1426/Takalar Mayor Arm Arfan T. dan Pasi Ops Yonif 726/Tamalatea Lettu Inf Ormuzd A.W. S.T. Han bertindak selaku Perwira Upacara

Dalam sambutan kepala BPIP Pada peringatan Hari Kelahiran Pancasila 1 Juni 2019 yang di bacakan Danrem 141/Tp Kolonel Inf Suwarno S.A.P yaitu, Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan. Keberagaman kondisi geografis, flora, fauna hingga aspek antropologis dan sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman yang ada dapat dirajut menjadi identitas nasional dalam wadah dan slogan “Bhinneka Tunggal Ika” sesuai dengan pesan Presiden Republik Indonesia, Ir H Joko Widodo bahwa memperingati dan merayakan hari kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan.

Sebagai bangsa besar kita tidak akan meninggalkan sejarah, apa yang oleh Bung Karno pernah disebut “JAS MERAH”. Untuk menghormati jasa pendiri bangsa sekaligus meneguhkan komitmen terhadap ideologi Negara dan sebagai salah satu kebanggaan nasional (national pride).

Melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi “politik harapan” dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara.

Hadir dalam upacara tersebut, Danyonif 726/Tml Letkol Inf Prasetyo Ari Wibowo S.Sos M.I.Pol, Para Dan Kabalak Rem 141/Tp, Para Kasi dan Pasi Rem 141/Tp serta pSeluruh Perwira Yonif 726/Tml. (Irwan N Raju).