IKAPI FC Walk Out Dari Pertandingan, ATM FC Juarai Turnamen Sepakbola Bupati Cup Nunukan 2023 Kategori Umum

NUNUKAN – Gelaran Open Turnamen Sepakbola Bupati Cup Nunukan 2023 resmi ditutup bersama dengan pertandingan final kategori umum prestasi di Stadiun Sei Bilal, Sabtu (04/11/2023) malam.

Perhelatan yang dimulai pada 30 September 2023 lalu, resmi ditutup oleh Wakil Bupati (Wabup) Nunukan, H. Hanafiah, S.E., M.Si.

Bersama dengan itu, final Bupati Cup kategori umum kali ini mempertemukan 2 tim unggulan yakni IKAPI FC dan ATM FC.

Sebelumnya, ATM FC lolos ke final setelah berhasil mengungguli Annur FC lewat babak adu penalti, sementara itu, IKAPI FC mengantongi tiket dengan mengalahkan Thalia FC di 4 besar.

Adapun, pertandingan final berlangsung ketat dengan komposisi pemain terbaik dari kedua tim, hingga pada akhirnya di babak kedua dengan skor 2-1 untuk ATM FC, terjadi drama dimana IKAPI FC walk out dari lapangan dikarenakan menganggap wasit tidak adil dalam menentukan keputusan di lapangan.

Setelah drama panas tersebut, pertandingan sempat terhenti hingga akhirnya IKAPI FC memutuskan untuk tidak melanjutkan laga final dan menjadikan ATM FC keluar sebagai juara turnamen.

Berdasarkan kejadian itu, Wabup Hanafiah mengatakan bahwa Nunukan dalam hal teknologi pengawasan pertandingan masih terbatas tetapi dalam sepakbola yang paling penting adalah menjunjung tinggi sportifitas.

“Dalam pertandingan seperti ini, kita memang belum ada teknologi canggih untuk mengawasi pertandingan tetapi ada hal yang harus junjung tinggi yakni sepakbola harus jujur, memiliki prinsip sportif, jadi persoalan seperti itu jangan sampai menganggu mental kita karena pemain mental juara adalah pemain yang menerima semua keputusan,” ujar Wabup Hanafiah.

“Disaat kita tidak siap menerima artinya kita juga belum siap menjadi pemain sepakbola yang sejati, dimana bisa menghargai keputusan wasit, karena wasit juga manusia yang memiliki keterbatasan, oleh karena itu kita harus pahami tetapi tetap fair play kita harus junjung tinggi,” sambungnya.

Bersama dengan itu, Hanafiah juga menyampaikan turnamen sepakbola Bupati Cup Nunukan 2023 juga menghasilkan efek domino dari segi ekonomi.

“Kegiatan ini juga menciptakan multi effect terhadap perekonomian di Kab.Nunukan, pertama di bidang UMKM, transportasi, maupun termasuk perhotelan dan kafe-kafe, karena pemain serta penonton bukan hanya dari pulau Nunukan termasuk dari luar daerah untuk bermain ataupun menyaksikan pertandingan,” tutur Hanafiah.

Selanjutnya, Wakil Bupati tersebut berharap bahwa kompetisi dapat melahirkan bibit baru di Kab.Nunukan dengan mengambil pelajaran pemain-pemain berpengelaman dari luar daerah.

“Kita berharap kompetisi ini dapat melahirkan bibit-bibit baru di Kab.Nunukan, karena perhelatan ini kita tau banyak mendatangkan pemain luar daerah yang bertalenta dan berpengalaman sehingga bisa menjadi pelajaran bagi putra-putra terbaik kita untuk berprestasi kedepannya,” harap Wabup Hanafiah.

Berikut daftar juara turnamen sepakbola Bupati Cup Nunukan 2023 untuk kategori umum prestasi dan U-40 :

– Kategori Umum Prestasi
Juara (ATM FC)
Posisi Kedua (IKAPI FC)
Posisi Ketiga (Annur FC dan Thalia FC)
Posisi Top 8 (Kaliber FC, Perseto FC, PS.Tunon Taka, dan Monster Komodo)

– Kategori U-40
Juara (U-38 A)
Posisi Kedua (U-38 B)
Posisi Ketiga (Medica FC)
Posisi Keempat (Bhayangkara FC)

(Nam/Nam)