Banjir Sungai Sedalit Hanyutkan Beberapa Rumah Warga di Lumbis Pansiangan

Social share

Nunukan – Banjir besar Sungai Sedalid yang terjadi pada 14 dan 16 Mei 2021 telah mengakibatkan beberapa kerugian. Selain menghanyutkan beberapa rumah warga, banjir juga mengakibatkan fasilitas Pemerintah Desa mengalami kerusakan berat.

“Terdapat beberapa rumah warga desa Langgason hanyut dan fasilitas umum desa (jembatan) yang dibangun dari Dana Desa tahun 2020 dan 2021 rusak berat,” tutur Plt. Camat Lumbis Pansiangan, Lumbis Pangkayungon melalui akun Facebook pribadinya, Selasa (18/5).

Lumbis menuturkan bahwa Sungai Sedalit juga pernah meluap sekitar 40 tahun silam. Informasi tersebut ia peroleh dari para tetua adat dan atas penjelasan Kepala Desa Langgason, Linuk.

“Banjir besar Sungai Sedalid menurut penuturan para orang tua Desa Langgason pernah terjadi 40 tahun silam tepatnya pada tahun 1981. Dan dari informasi Kepala Desa Langgason, Bapak Linuk, banjir terjadi lagi pada tahun 2021 ini,” jelasnya

Lumbis menyampaikan keprihatinannya terhadap warga yang tertimpa musibah. Atas nama Pemerintah, ia juga menyatakan rasa empatinya atas musibah yang dialami warganya tersebut.

“Atas nama Pemerintah Kecamatan Lumbis Pansiangan dan pribadi saya menyampaikan turut prihatan atas musibah/bencana yang terjadi pada warga Desa Langgason Kecamatan Lumbis Pansiangan,” ujarnya.

Ia juga menyerukan kepada seluruh warga Lumbis Pansiangan yang tidak terdampak Banjir Sungai Sedalid agar bahu-membahu, bergotong royong memberikan bantuan dan donasi yang untuk meringankan beban beberapa keluarga kita di desa Langgason yang kehilangan rumah dan memperbaiki beberapa fasilitas desa lainnya.

Ia mengharapkan agar Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kabupaten Nunukan dan Kalimantan Utara agar segera menyikapi musibah yang menimpa wilayahnya tersebut.

Dan sebagai tindakan darurat, Lumbis mengungkapkan Pemerintah Kecamatan Lumbis Pansiangan telah mendirikan Posko Penanggulangan Pasca Bencana Banjir yang dikoordinir oleh Yambing.

Solidaritas dari masyarakat, ungkap Lumbis, sangat dibutuhkan oleh warganya yang saat ini tertimpa musibah. Dan bagi para Dermawan, donasi bantuan dapat disalurkan melalui Bank BPD Kaltim/Kaltara di nomor rekening 1332048500 atas nama Yambing. (Eddy Santry)