Usai Akreditasi, RSUD Nunukan Targetkan Naik Kelas Jadi Tipe B

Dulman : Dokumen Persayaratan Sudah Kita Ajukan Secara Lengkap

NUNUKAN – Setelah berhasil meraih Akreditasi Paripurna Bintang 5 dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), Direktur RSUD Nunukan dr. Dulman menargetkan RSUD Nunukan tahun 2024 ini bisa naik kelas dari rumah sakit tipe C menjadi tipe B.

“Kita ada target tahun ini naik kelas dari tipe C ke tipe B, bahkan dari tahun lalu sudah ada target itu, tapi karena target kita tahun lalu ada 2 yaitu akreditasi dan naik kelas menjadi tipe B, maka kita dahulukan akreditasi, dan alhamdulillah saat ini sudah tercapai. Selanjutnya, kita akan upayakan target naik kelas menjadi tipe B juga bisa diselesaikan tahun ini, Kita sudah komunikasi dengan perijinan di provinsi kaltara, dokumen juga sudah disiapkan secara lengkap, tinggal nanti dari tim yang kita tunjuk mengurus ke provinsi,” kata Dulman.

Dulman optimis target tersebut bisa dicapai karena dari syarat – syarat yang ditetapkan berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan, baik syarat tersedianya fasilitas dan penunjang medis, jumlah dan kualifikasi tenaga kesehatan, termasuk jumlah kunjungan pasien, sebagian besar diantaranya sudah bisa dipenuhi.Dokter spesialis kandungan ini menyebutkan, RSUD Nunukan saat ini memiliki gedung atau bangunan yang sangat memadai di atas lahan yang cukup luas hampir 7,5 hektare, jumlah dokter umum, dokter spesialis dan perawat yang lumayan memadai, serta sarana dan prasarana yang cukup lengkap. Bahkan kita akan segera mengoperasikan cath lab atau laboratorium khusus jantung yang biasanya hanya dimiliki oleh rumah sakit di kota – kota besar.

(PROKOMPIM)