Tim Puslitbang Polri Lakukan Supervisi Ke Polres Nunukan

Berandankrinews.com-Nunukan, Tim Puslitbang Polri lakukan supervisi ke Polres Nunukan, tim yang dipimpin Kombes Pol Drs. M Asrul Aziz didampingi AKBP Galuh Indragiri, Dr Mulyana, Dosen, PNS Syakur, Staf Litbang, PNS Triyanti, Staf Litbang, siang tadi tiba di Kabupaten Nunukan dan disambut baik Kapolres Nunukan AKBP Teguh Triwantoro, SIK, MH, Waka Polres ,Para Kabag dan Kasat Polres Nunukan dibandar udara Nunukan, Rabu (26/6/19).

Adapun kunjungan kerja Tim Puslitbang membahas Tunjangan khusus kepada anggota polri yang bertugas di wilayah terpencil dan wilayah perbatasan.

Selanjutnya, tim Puslitbang melanjutkan pertemuan bersama Kapolres dan Para pejabat Polres Nunukan di Ruang Dharmalaksana, Mapolres Nunukan.

Dalam sambutan Kapolres Nunukan AKBP Teguh Triwantoro, SIK, MH, menyampaikan mengenai situasi wilayah Hukum Polres Nunukan dari Situasi Kamtibmas, geografi wilayah polres Nunukan hingga Kasus yang menonjol di wilayah perbatasan.

“Kasus yang menonjol, peredaran Narkoba yang di ungkap Polres Nunukan cukup berhasil dengan menyita Barang bukti pada tahun 2018 hingga 2019 bulan Juni sekitar 80 Kilogram,” Papar Kapolres.

Kapolres juga mengatakan, jika Kasus TKI ilegal juga cukup menjadi perhatian pemerintahan pusat.

Selain itu, Kapolres juga menyampaikan kepada Tim Supervisi Puslitbang agar kiranya Anggota Polres Nunukan dapat di usulkan untuk mendapatkan tunjangan khusus Perbatasan, dikarenakan wilayah Polres Nunukan juga berada diwilayah perbatasan.

“Sementara yang baru mendapatkan Tunsus 55 persen sampai dengan 100 persen baru Polsek jajaran, sementara beban tugas Anggota Polres Nunukan juga sama dengan Anggota yang berada di Polsek – Polsek jajaran,” tutur Kapolres.

AKBP Teguh menuturkan, Pertimbangan lainya untuk meningkatkan disiplin bagi Anggota Polres dan mencegah tingkat kecemburuan dan pelanggaran-pelanggaran. Biaya hidup untuk wilayah Nunukan cukup tinggi dibandingkan dengan Wilayah Jawa sehingga hal ini yang mendasari untuk dapat dipertimbangkan mendapat tunjangan khusus.

Kapolres Nunukan juga mengenalkan Terobosan Inovatif Polres Nunukan yaitu, Peningkatan Pelayanan Publik berbasis IT yang telah di bangun Ruang Comand Center Polres Nunukan.

“Ruang Comand Center yang terintegrasi dengan intansi terkait seperti Pemerintah, Perbankan, tempat Ovit yang terintegrasi melalu CCTV dengan Alarm Punic Button, Aplikasi yang berbasis Android Polres Nunukan peduli, Aplikasi sebatik dan Aplikasi Sebuku dengan Aplikasi penggunaan anggaran yang transparansi,” jelas AKBP Teguh Triwantoro.

Sementara itu, Kombes pol Drs. M Asrul Aziz dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi kepada Kapolres Nunukan yang telah melakukan terobosan inovasi di polres Nunukan baik di bidang sarana Peningkatan Pelayanan maupun inovasi Pembangunan Comand center berbasis IT dan Aplikasi berbasis IT yang memudahkan pelayanan publik dan operasional tugas kepolisian.

“Polres Nunukan harus bangga punya Kapolres yang berani melakukan perbaikan dan Terobosan inovatif,” Kata Kombes M Asrul Asri .

M Asrul mengatakan, Kegiatan tim Puslitbang ke wilayah Kaltara termasuk Polres Nunukan supervisi terkait Tunjangan khusus yang di berikan kepada anggota polri yang bertugas di wilayah pulau-Pulah terpencil dan wilayah perbatasan.

Usai kegiatan pertemuan dengan Pejabat polres Nunukan, Tim puslitbang melakukan peninjauan Ruang Comand Center dan juga melakukan pertemuan dengan Ibu Bhayangkari Polsek Nunukan dan KSKP yang telah menerima tunjangan khusus yang di berikan kepada suaminya yang dinas di Polsek perbatasan dan pulau terluar.

Pertemuan ini bertujuan untuk mendalami terhadap tunjangan khusus yang di berikan kepada anggota apakah mencukupi atau masih perlu di evaluasi oleh Tim Puslitbang.

Setelah melakukan tatap muka dengan Ibu-Ibu Bhayangkari, Tim puslitbang berasama ibu -ibu Bhayangkari melanjutkan Kunjungan ke Polsek KSKP dan Polsek Nunukan.

Rencananya besok Tim puslitbang akan melakukan supervisi ke Polsek Sebatik Barat dan Polsek Sebatik Timur. (Humas/Red)