Tahun Depan, Korem Kaltara Dibangun

Social share

NUNUKAN – Tak hanya di Tanjung Selor, rombongan Panglima Kodam (Pangdam) VI Mulawarman juga mengujungi wilayah perbatasan Kabupaten Nunukan, pada Jumat (20/9).

Dalam kunjungan ini, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subiyanto didampingi perwira tinggi serta beberapa pejabat penting lainnya. Yakni, Asredam VI Mulawarman, Asintel Kasdam VI Mulawarmab Kazidam VI Mulawarman dan Asops Kasdam VI Mulawarman.

Mereka meninjau beberapa titik pembangunan pos perbatasan di Kabupaten Nunukan seperti mendatangi Patok 3 di Desa Aji Kuning, Sebatik, lalu dilanjutkan dengan meninjau pembangunan Pos Pamtas di bukit keramat dan juga meninjau pembangunan Kotis Satgas Pamtas yang ada di Nunukan.

“Alhamdulillah, pembangunan pos-pos yang bangun oleh Mabes TNI Angkatan Darat di wilayah perbatasan termasuk juga pembangunan di wilayah Sei Menggaris semua dalam tahap fhinising. Insya Allah, nanti akan dilengkapi dengan sarana prasarana penunjang,” terangnya kepada Berandankrinews.com, Jumat (20/9).

Selain itu, Subiyanto juga memberikan bocoran mengenai pembangunan Korem di wilayah Kaltara. Sehingga Kaltara nantinya akan memiliki kantor Korem sendiri dan tidak lagi bergabung dengan Korem Kaltim. “Dalam waktu dekat ini Kaltara akan memiliki Korem sendiri. Ini dilakukan agar lebih memudahkan pengawasan di wilayah terirorial,” tambahnya.

Nantinya, kata Subiyanto, Korem Kaltara akan diberi nama 092 Maharajalelah. Nama ini diambil sesuai dengan kesultanan Bulungan Raja Ke 14. “Sama halnya Korem Kaltim di Samarinda. Diberi nama Korem 091 Ajisuryanata. Untuk sementara, saat ini Korem Kaltara masih menumpang kantor di lapangan Indoor Tanjung Selor. Insya Allah, tahun depan pembangunan kantornya sudah dilakukan.” tambahnya.

Selain itu, Mayjen TNI Subiyanto juga menyoroti kasus kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). “Kita sudah bahas mengenai Karhuta bersama dengan Gubernur Kaltara dan Kapolda Kaltara. Kita mencari penanganan cepat dan cermat jika ada dugan di bakar maka pelaku harus segera ditemukan,” terangnya.

Terakhir, Subiyanto mengaku bangga lantaran hampir semua Satgas yang bertugas selalu mencetak prestasi. Seperti hal Satgas Pamtas Modang 600 yang berhasil mengamankan puluhan ribu lembar cakar yang diseludupkan dari Malaysia. “Begitu juga Satgas Pamtas Yonif Rider 613 Raja Alam yang sebelumnya. Mereka beberapa kali menangkap warga asing yang mencoba menyelundupkan narkoba. Kemudian menggagakan peredaran miras ilegal,” ungkapnya.

Koresponden : Yusuf P

Editor : Nirwan Hasan