Silatuhrahmi Dipatok Batas Negara, Tinjau Dua Titik Rencana Pembangunan PLBN

Nunukan, Berandankrinews.com–Silatuhramhi antara Pemerintah Malaysia Majelis Kementrian Negara (MKN) Sabah dengan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara berasama dengan Pemerintah Kabupaten Nunukan dipatok batas Negara A708 dan patok A485 Desa Sekaduyun Taka Kecamatan Sei Manggaris pada Sabtu (2/3) kemarin.

Silatuhrahmi yang dilakukan merupakan tindak lanjut dari pertemaun yang dilakukan sebelumnya atas kesepakatan kedua belah pihak untuk membuka pelayanan Custom (Bea Cukai), Immigration (Imigrasi), Quarantine (Karantina) dan Security (Keamanan) yang merupakan pintu masuk bagi warga negara Malaysia – Indonesia Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di wilayah Kecamatan Sei Manggaris Kabupaten Nunukan.

Perwakilan Delegasi Malaysia yang diketuai Mohammad Hanifiah dan juga perwakilan Pemrintah Indonesia dipimpin Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid serta Ketua KK Sosek Malindo Provinsi Kalimantan Utara Datu Iqro bersama rombongan meninjau Patok A708 yang berdekatan dengan pos gabungan bersama Indonesia – Malaysia (Pos Gabma) dan patok A485 yang terletak di RT 05 Kanduangan Desa Sekaduyun Taka yang menjadi bagian dari rencana pembangunan PLBN.

Bupati Nunukan Hj Asmin laura Hafid SE dalam tatap muka yang dilangsungkan di Balai Pertemuan Desa Sekaduyun Taka mengatakan pertemuan yang dilakukan ini lebih kepada silatuhrahmi antar kedua daerah yang berbatasan langsung sehingga diharapakannya dengan seringanya dilakukan silatuhrahimi tersebut akan dapat meningkatkan halinanan persaudaraan antara kedua negara di wilayah perbatasan serta akan dapat meningkatkan kerjasama bilateral.

Laura Berharap keoada masyarakat yang berada diwilayah perbatasan khususnya Didesa Sekaduyun Taka Kecanatan Sei Manggaris untuk dapat mendukung rencana pemerintah dalam hal pembangunan PLBN, yang tentunya akan emnibgkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya Kabupaten Nunukan.

“dari hasil kunjungan yang dilakukan ini, kembali akan ditindaklanjuti dengan rencana pertemuan Sosek Malindobyang direncanakan dilaksanakan di Jogjakarta pada bulan April Mendatang, yang akan merumuskan titik lokasi pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) di Kecamatan Sei Manggaris,” ungkanya.

Perwakilan Delegasi Majelis Keselamatan Negeri Sabah, Mohammad Hanafiah menyatakan perlunya pertemuan dialakukan untuk crosscek harus langsung meninjau lokasi rencana pembangunan (PLBN) tersebut.

“Kita punya tujuan jumpa hari ini untuk melihat sendiri dimana lokasi itu, sebelumnya kita lihat hanya Plan, Gambar saja. Mungkin bagi yang lain sudah tahu, tapi saya sendiri nak turun, tengok sendiri keadannya,” ujarnya.

Hanafiah berharap masyarakat kedua Negara khususnya yang berada di wilayah perbatasan Indonesia – Malaysia ini, mendukung program ini untuk segara dilakukan pembangunannya ungkapnya mengakhiri sambutan di Balai Pertemuan Desa Sekaduyun Taka. (Ayu/Win)