SD IT Darussalam Makassar Outing Class di BBPP Batang Kaluku

Social share

Makassar, Berandankrinews.com–Rombongan murid Sekolah Dasar IT Darussalam Makassar mengunjungi Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku di Jalan Poros Malino, Kecamatan Somba Opu, Gowa, Kamis (21/03/2019).

Kedatangan rombongan murid ini untuk mengenal berbagai jenis tanaman pertanian dan mempelajari cara pengelohannya.

Dengan Tema Outing Class yaitu “Tematik tentang Lingkungan Hewan/Makhluk Hidup dan Tak Hidup”.
Bersama widyaiswara BBPP Batangkaluku di ikuti 76 murid di dampingi guru dan orang tua murid.

Mengawali kegiatan, seluruh murid di bekali ilmu tentang pertanian, dan diberi penjelasan serta praktek menanam langsung di sawah.

Fiqih Fadillah, Wali kelas 1 SD IT Darussalam mengatakan, Kegiatan ini bertujuan merangsang motorik anak-anak sehingga mereka lebih aktif dan mampu bekerjasama untuk menanam padi secara berkelompok serta mengedukasi anak-anak sehingga rasa suka dan ingin tahu tentang pertanian menjadi lebih meningkat.

Selain itu, pengenalan tentang apa itu pupuk kompos, mulai dari bahan, proses pembuatan sampai dengan hasil akhir dari pupuk kompos itu sendiri. Dan yang paling menarik adalah melihat proses pengolahan hasil pertanian ” Lanjutnya

Kegiatan ini menarik bagi anak-anak, karena pada Pengolahan hasil pertanian, murid bisa langsung menikmati Es Krim cokelat dan Donat Manis berbahan kentang sambil menerima penjelasan manfaat dan proses pengolahannya, serta bagaimana memanfaatkan bahan sekitar untuk digunakan menjadi olahan pertanian yang enak dan menyenangkan.

“kegiatan outing class seperti ini pertama kalinya kami laksanakan di BBPP Batangkaluku, pertama kali namun sangat memuaskan bagi kami “ujar Fiqih

Tambahnya, Intinya disini yakni bagaimana anak-anak bisa belajar sambil terjun langsung dan melihat bagaimana itu padi, kompos, olahan hasil pertanian dan tanaman-tanaman lain yang ada dibalai itu sendiri. Biar mereka bisa lebih menghargai petani, dan bukan hanya tahu makan saja. “nantinya tindak lanjut dari kegiatan ini, kami akan memberikan tugas kepada siswa berupa lembar kerja siswa dan itu kami akan tanyakan kegiatan apa yang telah mereka lakukan dan apa kesan mereka sendiri tentang kunjungan di BBPP Batangkaluku”, Pungkas Fiqih.

Andi Ismu, salah satu orang tua Murid sangat berterima kasih kepada BBPP Batangkaluku karena sudah banyak memberikan ilmu dan pengetahuan kepada anaknya.

“Terima kasih kepada bbpp Batangkaluku karena sudah banyak memberikan ilmu dan pengetahuan kepada anak kami dengan fasilitas dan pelayanan yang sangat memuaskan” Ucapnya. (Jafar Jeff)