Satgas Pamtas Bersama Masyarakat Desa Sekadayun Taka Panen Hasil Pertanian

Nunukan, Berandankrinews.com– Pemerintah Daerah saat ini telah menetapkan pembangunan di wilayah perbatasan sebagai salah satu agenda prioritas kebijakan.

Salah satu sektor yang menjadi fokus pembangunan di wilayah perbatasan adalah sektor pertanian. Sektor ini dinilai dapat menghasilkan nilai tambah bagi masyarakat. Untuk itu, diperlukan langkah khusus agar sektor pertanian bisa turut mendongkrak pertumbuhan ekonomi utamanya di wilayah perbatasan.

Guna mendukung suksesnya program pemerintah tersebut sejak kedatangannya Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 613/Raja Alam berkomitmen mengajak dan membantu masyarakat di wilayah perbatasan untuk meningkatkan produktivitas pertanian dengan melaksanakan kegiatan panen pertanian bersama masyarakat dari hasil kebun Pos Sei Ular SSK II Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 613/Raja Alam di Desa Sekadayun Taka Kecamatan Seimanggaris Kabupaten Nunukan, Kaltara.

Dengan hasil Panen pertanian berupa sayuran di lahan perkebunan sekitar Pos Sei Ular, merupakan hasil panen yang pertama kali dilakukan oleh Satgas Pamtas dan masyarakat. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Komandan SSK II Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 613/Raja Alam, Kapten Inf. Arnold Albert Hitipeuw, Kepala Desa Sekadayun Taka, Putra Sinar Jaya, Kepala Dewan Adat Kenya Kwing Surang, Ketua RT. 01 Kampung Sei Ular, Aidil Fitri, Ketua RT. 02 Kampung Sei Ular, Eka dan para warga di Desa Sekadayun Taka.

Adapun beberapa tanaman yang berhasil dipanen berupa sayuran diantaranya tomat, terong, bayam, sawi dan pare. Selain memanen hasil pertanian, kegiatan penyuluhan juga diberikan kepada masyarakat tentang cara bercocok tanam sayuran dilahan gambut yang disampaikan oleh Sertu Desis Eka Triantara, Danpos Sei Ular.

Menurut Sertu Desis, lahan di sekitar Pos Sei Ular ini merupakan lahan tidur yang tidak dimanfaatkan karena mengandung tingkat keasaman yang cukup tinggi sehingga beberapa kali berusaha ditanami oleh masyarakat namun tidak berhasil, Akan tetapi berkat kerja keras dari anggota Pos Sei Ular dengan menggunakan tehnik bercocok tanam yang benar sehingga saat ini lahan tersebut dapat diolah menjadi lahan pertanian bahkan dapat menghasilkan tanaman sayuran yang subur sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat di wilayah sekitar Pos, selasa (29/1/19).

Komandan SSK II Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 613/Raja Alam, Kapten Inf. Arnold Albert Hitipeuw mengatakan bahwa, walaupun saat ini kami sedang bertugas menjaga keamanan perbatasan NKRI, kami juga berusaha melaksanakan kegiatan ketahanan pangan secara maksimal khususnya di wilayah perbatasan dalam rangka mendukung program pemerintah dan membantu masayarakat.

Sementara menurut Kepala Desa Sekadayun Taka, Putra Sinar Jaya menyampaikan bahwa, kegiatan panen ini merupakan kegiatan yang sangat inspiratif dan mendapat tanggapan positif dari warga.

“Kami sangat berterima kasih kepada Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif Raider 613/Raja Alam karena telah memberikan contoh dan motivasi yang baik kepada masyarakat Desa Sekadayun Taka untuk dapat memanfaatkan lahan kosong guna dijadikan lahan pertanian yang dapat menghasilkan tanaman yang subur,” Kata Putra Sinar Jaya. (**)