PT. Pertamina PEP Tarakan Field Dukung Bank Sampah Karya Bersama Mendaur Ulang Limbah Plastik

Nunukan – Sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan dan melihat kesungguhan masyarakat setempat dalam menjaga kelestarian alam,  PT. Pertamina PEP Tarakan Field memberikan dukungan atas keberadaan Bank Sampah Karya Bersama di Kelurahan Tanjung Harapan, Nunukan Selatan, Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara), 

Hal itu dibuktikan dengan pendampingan program pemberdayaan masyarakat bernama Aliansi Kerja Bebas Sampah (Akar Basah). Untuk mendukung upaya tersebut PEP Tarakan Field memfasilitasi pengadaan mesin cetak pelampung rumput laut ramah lingkungan kepada pengelola limbah plastik tersebut. 

Pertamina berharap, mesin itu nantinya dapat menjadi bagian dari upaya Bank Sampah untuk mendaur ulang limbah plastik jenis  jenis HDPE (High Density Polyethylene) agar dapat bermanfaat kembali.

Community Involvement Development Officer Pertamina EP Tarakan Field PEP Tarakan Field, Nida Khoirun Nissa. Foto Eddy Santry

“Ini adalah konsistensi atas komitmen dari kepedulian terhadap sosial dan lingkungan di area operasi atau wilayah kerja Pertamina PEP Tarakan Field ,” tutur Community Involvement Development Officer Pertamina EP Tarakan Field PEP Tarakan Field, Nida Khoirun Nissa kepada awak media di Tanjung Harapan, Nunukan, Selasa (22/6).

Dari sisi sosial, ungkap Nida, diharapkan mesin pencetak pelampung rumput laut ramah lingkungan tersebut nantinya dapat menjadi penggerak agar Bank Sampah Karya Bersama semakin berkembang.

“Kita harap apa yang telah kita berikan dapat menjadi penggerak kemandirian masyarakat di Tanjung Harapan dan umumnya masyarakat Nunukan dalam memberdayakan sampah plastik. Sehingga dari hal itu nantinya bukan hanya akan berdampak positif pada lingkungan namun juga akan bermanfaat secara ekonomi untuk masyarakat,” tandas Nida.

Suasana pengolahan limbah plastik oleh Bank Sampah Karya Bersama,

Sementara itu, Lurah Tanjung Harapan, Andi Maskur mengaku dukungan dari Pertamina tersebut sangat berguna bagi keberlangsungan upaya masyarakat dalam memberdayakan limbah plastik berupa Bank Sampah Karya Bersama.

Andi menilai, keberadaan mesin pencetak pelampung rumput laut ramah lingkungan tersebut akan semakin menguatkan upaya masyarakat dalam mewujudkan konsep 3 E (Edukasi, Ekonomi dan Ekologi)

“Kami sangat berterimakasih kepada PT. Pertamina EP Tarakan Field atas dukunganya berupa mesin pendaur ulang sampah plastik ini. Dimana dalam proses pemgolahan limbah plastik oleh Bank Sampah Karya Bersama, kami menerapkan program 3 E. Dan itu sangat terbantu dengan adanya mesin tersebut,” katanya.

Pewarta: Eddy Santry