Presiden Akan Menaikan Tunjangan 80 Persen Dan Kredit Perumahan Untuk Prajurit TNI

Presiden Jokowi memeriksa Pasukan saat Uapcara HUT TNI – 74 di Lanud Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Sabtu (5/10/2019)

Jakarta – Presiden Joko Widodo menegaskan komitmenya dalam mendukung Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam memperkuat segala sisi sehingga benar – benar dapat menjadi kebanggaan rakyat sebagaimana slogan Hari Ulang Tahun TNI – 74.

Dalam peringatan HUT TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10/2019), Jokowi setidaknya menyampaikan dua hal penting dalam mendukung profesionalisme Tentara Nasional Indonesia.

Pertama, Jokowi mengatakan anggaran pertahanan pada 2020 akan ditingkatkan menjadi Rp 131 triliun. Selain kenaikan anggaran, Jokowi juga menyebut tunjangan kinerja TNI ditingkatkan menjadi 80 persen mulai tahun depan.

“Selain itu, Pemerintah terus mengupayakan kredit perumahan untuk prajurit TNI hingga 30 tahun,” tutur Presiden

Penguatan Alat Utama Sistem Pertahanan (Alutsista) dan peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi alasan utama Jokowi menaikkan anggaran organisasi angkatan bersenjata Indonesia.

Sedangkan satu hal lagi sebagai bentuk dukungab, Jokowi mengungkapkan bahwa saat ini Pemerintah telah menambahkan 60 jabatan Perwira Tinggi (Pati) baru untuk mengoptimalkan peran prajurit TNI. Selain menambahkan puluhan Pati, Presiden juga menuturkan bahwa ratusan jabatan baru telah disiapkan untuk Perwira berpangkat Kolonel dan Pati.

“Ini sebagaimana rancangan Peraturan Presiden tentang organisasi TNI yang akan menambah lebih dari 450 posisi baru untuk perwira berpangkat kolonel dan 300 lebih posisi baru untuk perwira tinggi TNI,” paparnya.

Menurut Jokowi, rencana strategis Kekuatan Pokok Minimum tahap III periode 2019-2024 harus segera tercapai dan dituntaskan. Di dalam era yang penuh dengan kemajuan teknologi, Jokowi menandaskan bahwa alutsista yang digunakan TNI harus semakin maju.

“Selain itu, sumber daya manusia TNI juga harus semakin tangguh, semakin adaptif dan memegang teguh jiwa Sapta Marga,” tegasnya.

Dalam upacara tersebut, selain para petinggi TNI, sejumlah Menteri Kabinet Kerja juga terlihat hadir antara lain Menko Polhukam Wiranto, Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kepala Staf Presiden Moeldoko, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Menteri BUMN Rini Sumarno. (eddyS)