Presentase di Banyuwangi, SIMRAL Siap Diuji Coba

NUNUKAN – Tim Teknis Pemanfaatan Aplikasi SIMRAL (Sistem Informasi Manajemen Perencanaan, Penganggaran, Pelaporan, Pendapatan dan Aset) Pemerintah Kabupaten Nunukan melakukan presentase kesiapan infrastruktur dan suprastruktur pengembangan sistem informasi,  dan tahapan-tahapan yang akan dilakukan di hadapan Jajaran Diskominfosan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa (20/8). Presentase tersebut merupakan tindaklanjut dari perjanjian kerjasama penggunaan Aplikasi SIMRAL antara Pemerintah Kabupaten Nunukan dan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi beberapa waktu lalu. 

Dalam kesempatan itu juga dilakukan diskusi terkait dengan infrastruktur dasar yang dibutuhkan, serta alur kerja (bussines procces) dalam implementasi Aplikasi SIMRAL, mulai dari alur kerja perencanaan, penatausahaan, keuangan sampai dengan pelaporan.

Akmal, Kasi Pengelolaan dan Pengembangan Aplikasi Dinas Komunikasi Informasi dan Statistik (Diskominfotik) Kabupaten Nunukan mengatakan bahwa sebagai tindak lanjut dari komitmen tersebut juga dilakukan penyerahan Aplikasi SIMRAL dan kode sumbernya (source code) dari Pemerintah Kabupaten Banyuwangi kepada Pemerintah Kabupaten Nunukan.

“Dengan penyerahan aplikasi dan kode sumber Aplikasi SIMRAL ini maka secara teknis implementasi sistem tersebut dapat digunakan di lingkungan Pemerintah Kabupaten Nunukan. Namun penggunaanya secara optimal dari sisi perencanaan dan penganggaran harus melalui training of traniner (TOT) kepada operator di Kabupaten Nunukan yang rencananya dijadwalkan akan dilaksanakan September  mendatang,” kata Akmal. Sedangkan uji coba penggunaan Aplikasi SIMRAL, menurut Akmal, baru akan dilaksanakan setelah Tim Teknis Aplikasi SIMRAL kembali dari Banyuwangi. (DISKOMINFOTIK/HUMAS)