Peserta Didik PKBM Ambalat Mulya Makin Meningkat

Social share

KUTIM – Meski masih baru terbentuk, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Ambalat Mulya, Desa Margo Mulyo, Kecamatan Rantau Pulung Kabupaten Kutai Timur (Kutim), sudah menujukan prestasi gemilang.

Hal ini dilihat dari jumlah peserta didik yang melaksanakan proses pembelajaran (Paket A, Paket B dan Paket C) secara rutin dan terjadwal, terus berkembang dalam dua tahun terahir ini.

Dimana tahun ajaran 2019/2020 sudah mencapai sebanyak 94 siswa. Padahal, tahun sebelum hanya berjumlah 48 siswa.

Ketua PKBM Ambalat Mulya, Kutim, Jumadil mengatakan PKBM ini merupakan pusat kegiatan pembelajaran untuk dan oleh masyarakat yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan, keterampilan, dan perilaku sosial.

“Peranan masyarakat dalam mengelola proses pembelajaran, pengembangan, dan pencapaian kemajuan PKBM itu menjadi hal yang sangat penting. Kemajuan program tersebut telah dilaksanakan PKBM,” terangnya, Jumat (20/9).

Selain pembelajaran itu, kata dia, PKBM yang masih terhitung baru masuk di Kutim ini juga memberikan beberapa program keterampilan (life skill) yakni pembuatan Kerupuk, keterampilan menjahit (Pembuatan Taplak Meja) dan Kedepannya juga akan melakukan Pembuatan Gorden.

“Hal ini diharapkan warga belajar memiliki skill yang nantinya bisa diterapkan dikehidupan mereka dan bisa meningkatkan kesejahteraan hidup mereka,” lanjutnya.

Untuk informasi proses pelaksanaan PKBM Ambalat Mulya, kata dia, masyarakat dapat melihat langsung melalui laman informasi media social baik Facebook, Blog, Instagram, Twitter bahkan Channel Youtube.

“Ini agar memberikan kepercayaan kepada masyarakat akan keseriusan pengelola dalam menjalankan program PKBM. Semakin tinggi jumlah anggota masyarakat yang berpartisipasi dalam suatu PKBM, semakin tinggi pula capaian keberhasilan dan kemajuan PKBM tersebut,” tambahnya.

Begitu juga, kata dia, dengan semakin tinggi tingkat partisipasi masyarakat dalam suatu PKBM maka bisa dilihat dalam setiap proses manajemen yang ada, baik dalam perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian maupun dalam berbagai kegiatan dan permasalahan yang ada di PKBM.

“Ini membuktikan adanya kepercayaan masyarakat kepada PKBM dan juga kepedulian mereka akan pentingnya pendidikan. Pelaksanaan program PKBM Ambalat Mulya bisa berjalan dengan baik karena  adanya dukungan dari pihak lain,” pungkasnya.

Dia juga tak lupa mengapresisi dan mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Desa Margo Mulyo, Pemerintah Kecamatan Rantau Pulung,  UPT Disdik Rantau Pulung, Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur melalui Bidang PLS dan pihak-pihak lain yang terlibat dan selalu memberikan dukungan kepada PKBM Ambalat Mulya.(Dhian)