PERINGATAN HARI SUMPA PEMUDA DILAKSANAKAN DI ATAS PERBUKITAN KETINGIAN DUA KILO TEPATNYA PATOK 15 BAMBANGAN.

NUNUKAN – Dengan perjalanan yang cukup melehkan dengan mendaki pegunungan dengan tana yang berlumpur sandal/Sepatu harus dilepas .

Nunukan Kaltara Senin 28/10/2019 Hj.Asmin Laura Hafid SE.MM Bupati Nunukan bersama Rombongan melaksanakan hari Sumpa Pemuda di Garis Perbatasan tepatnya Patok 15 dan memang Medannya sangat Ekstrim dengan kemiringan 75 derajat para anak Sekolah SMA kurang lebih 100 0rang tak satupun yang mengunakan Alas Kaki semua kaki berlumpur .

Dengan perjalanan naik ke tempat acara upacara menyita waktu dengan jalan kaki kurang lebih satu jam dengan perjalanan yang cukup melehkan licin dan jari kaki harus menancap kedalam tana baru melangka karena Licin dan berlumpur tiba dipatok 15 Perbatasan. Indonesia malaysia

Peserta yang hadir dalam ucara kurang lebih 300 0rang hadir Kapolsek Sebatik, Dansatgas Marinir,komandan Posal Sei Nyamuk, Koramil Pulau Sebatik ,Kepala Dinas Pekerjaan umum,Komandan Satpol PP, komandan Posal Sei Nyamuk, Camat sebatik Induk, Camat Sebatik Barat, Ketua Pemuda Perbatasan Paulus dari Lumbis

Sebelum upacara dimulai Bupati mengintruksikan agar para Peserta Upacara Sumpa Pemuda harus waspada dan hati-hati karena Medannya sangat Ekstrim kita berada pada posisi lereng Gunung.

Bupati nunukan sebagai Inspektur upacara dalam peringatan hari sumpa pemuda yang diperingati setiap tanggal 28 Oktober seperti yang kita laksanakan pada hari ini Sumpah Pemuda ke-901 yang mana para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

Lanjut Bupati mengibaratkan dua kecepatan informasi memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing pada sisi yang lain.

Kita sudah melihat secara perkembangan ilmu Pengetahuan juga mempunyai dampak negatif informasi yang bersifat deskriptif mulai dari pornografi, Pergaulan bebas hingga Radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

Pemudah yang tanggu adalah pemuda yang memiliki karakter moral dan karakter kinerja pemuda yang ber Iman dan bertakwa serta berintegritas tinggi jujur, Santun, bertanggung jawab disiplin kerja keras kerja cerdas kerja ikhlas dan sumpah Pemuda juga harus memiliki intelektual dan skill kepemimpinan, kewirausahaan dan kepeloporan yang mumpuni serta Pemuda harus memiliki inovasi agar mampu berperan aktif dalam Kancah internasional.

Saya sangat bangga dan bersyukur acara ini bisa berlangsung dengan sempurna walaupun hujan dengan perjalanan yang cukup menegangkan apalagi lokasi tempat upcaranya Cukup ekstrim jalanan membuat kita semangat walaupun kita berada diwilayah perbatasan namun kita tidak terbatas.

Olehnya itu kepada Pemuda sebagai Generasi penerus Bangsa ditangan Pemuda Indonesia bisa lebih maju pemuda yang memiliki karakter kemampuan inovasi kreativitas yang tinggi Mandiri inspiratif serta mampu bertahan Dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

pada saat ini di belahan dunia telah lahir generasi muda yang memiliki pola pikir yang terbaik cepat terbaik instan lintas batas cenderung individualistik dan dramatik ilmu pengetahuan dan teknologi serta mudahnya akses terhadap sosial media telah menjelma menjadi tempat berkumpulnya anak-anak muda lintas batas negara atas budaya lintas agama dan interaksi.

Yang mana pada saat ini media Sosial berjalan Real Time 24 jam dapat bersaing dalam bentuk apapun tentunya dalam hal yang positif pemuda adalah masa depan bangsa dan negara Pemuda juga harapan bagi dunia Pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukkan dunia Saya berharap kedepan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendukung gerakan revolusi mental menemukan relevansinya dengan pembangunan karakter kita bisa kuat tangguh dan kokoh ikut serta dalam percaturan pemuda di dunia kita tidak lagi harus bertahan dan menghadapi dampak negatif dari modernisasi dan globalisasi tapi kita harus mampu.

memberikan warna untuk mengubah dunia dengan tekad dan semangat dan tentunya didukung oleh ilmu pengetahuan dan teknologi kemajuan tidak akan pernah tercapai dalam arti yang sesungguhnya kalau masa depan itu hanya dipandang sebagai proses lanjut dari masa kini yang akan tiba dengan sendirinya tapi bagaimana generasi muda merespon kemajuan itu dengan kearifan menghargai keluhuran perjuangan dari generasi sebelumnya.

tanpa terjebak dalam kejayaan dan romantisme masa lalu serta kenyataan masa ini sehingga membuat mereka tidak lagi sanggup keluar untuk menatap masa depan.(yusuf p)