Pemerintah Kabupaten Nunukan Terima Bantuan Kapal Dari Kementrian Perhubungan RI

Asisten Ekonomi Pembangunan Setkab Nunukan, Robby Nahak SH berbincang dengan Dirjen Perhubungan Laut Ir. R. Agus H. Purnomo di sela-sela penandatanganan serah terima kapal Pelra, Kamis (18/7) siang di Jakarta.

JAKARTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nunukan menerima bantuan satu unit kapal  Pelayaran Rakyat (Pelra) dari Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub RI), Kamis (18/7) di Jakarta.

Bantuan kapal ini diserahkan kepada 44 kabupaten/kota di Indonesia. Mewakili Bupati Nunukan, Asisten  II Bidang Ekonomi Pembangunan Robby Nahak SH melakukan penandatanganan serah terima kapal Pelayaran Rakyat di Gedung Karsa, Lantai IV, Kemenhub RI.

Kapal Pelra merupakan moda transportasi laut yang difokuskan untuk membangun konektivitas antar pulau. Kapal Pelra kemudian diserahkan ke daerah dengan status hibah dan difungsikan untuk pelayanan masyarakat.

Kapal Pelra mampu melaju dengan kecepatan 9 Knot. Kapal jenis ini dapat digunakan untuk memuat penumpang, barang maupun berbagai kebutuhan masyarakat di daerah.

“Kapal Pelra diserahkan kepada pemerintah daerah yang telah menyelesaikan proposal pengajuan. Kapal ini kemudian wajib dioperasikan pemerintah daerah untuk pelayanan masyarakat,” ujar Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Wisnu Handoko.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Laut Ir. R. Agus H. Purnomo dalam keterangannya menyampaikan, kapal Pelra yang diserahkan ke pemerintah daerah harus benar-benar difungsikan dan dirawat.

“Pada saat monitoring, mohon kapal-kapal Pelra dalam kondisi baik dan terawat. Hal ini saya tekankan agar kita semua aman saat proses audit,” pesan Agus. (humas)