PCNU Nunukan Gelar Halal Bi Halal dan Pengukuhan Pengurus Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Se Kabupaten Nunukan

Muhammad Amin : NU Harus memiliki komitmen yang kokoh untuk merawat dan menjaga tradisi Dan kearifan lokal.

NUNUKAN – Asisten Pemerintahan dan Kesra Muhammad Amin,SH mewakili Bupati Nunukan hadiri hajatan Akbar Halal Bi Halal yang dilaksanakan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Nunukan dirangkaikan dengan Pengukuhan Pengurus Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Se Kabupaten Nunukan dengan tema “Merawat tali silaturahmi merajut harmoni memperkuat keakraban menuju kemajuan Nahdatul Ulama kabupaten Nunukan”, di Gedung Olahraga Sei Sembilan, Sabtu (12/6/2021).

Acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan Sholawat Nabi, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan prosesi pelantikan.

Dalam sambutan Bupati Nunukan yang di sampaikan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Muhammad Amin mengatakan, memaknai halal bihalal merupakan tradisi bagi masyarakat islam Indonesia yang erat hubungannya dengan pemikiran-pemikiran ulama Indonesia khususnya ulama NU.

“Sebagai sebuah bangsa kita bersyukur memiliki sebuah tradisi halal bihalal, tradisi untuk saling meminta dan memberi maaf”, katanya.

Lebih lanjut, Muhammad Amin menyampaikan Halal Bi Halal tidak hanya sebagai ajang untuk saling bermaaf-maafan, Halal Bihalal harus bisa menjadi sarana untuk merajut ukhuwah yang lebih kuat.

“Agar halal bihalal dimaknai lebih jauh melalui nilai-nilai puasa yang terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, selain sebagai ajang untuk bermaaf-maafan halal bihalal juga menjadi sarana untuk merajut ukhuwah yang lebih kuat”, ujarnya.

Muhammad Amin juga menyampaikan kepada NU sebagai Organisasi Islam yang berpegang pada ajaran Ahlus Sunah Wal Jamaah, agar memiliki komitmen yang kokoh untuk merawat dan menjaga tradisi dan kearifan lokal.

“NU sebagai organisasi Islam memiliki komitmen yang kokoh untuk merawat dan menjaga tradisi dan kearifan kearifan lokal seperti ini demi kebaikan bangsa dan negara, sama kokohnya dengan komitmen NU untuk merawat dan menjaga keberagaman yang ada di tengah-tengah masyarakat”, katanya.

Di akhir sambutan Bupati Nunukan mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus majelis wakil cabang NU se Kabupaten Nunukan.

“Atas nama pribadi keluarga dan pemerintah saya menyampaikan mohon maaf lahir batin jika selama ini ada kesalahan diantara kita, dan selamat atas pelantikan pengurus majelis wakil cabang NU se Kabupaten Nunukan semoga NU di Kabupaten Nunukan terus maju dan berhikmat bagi umat dan masyarakat.” tutupnya.

(Humas)