PC GP Ansor Nunukan Akan Gelar PKD & Konferensi Cabang

Nunukan – Sebagai bentuk aktualisasi generai ahlu sunah wal jamaah (aswaja) Pengurus Cabang (PC) Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Kabupaten Nunukan dalam waktu dekat akan menggelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) ke III.

Hal tersebut diketahui dalam Rapat Persiapan Kepanitiaan Kegaiatan Pelatihan Kader Dasar (PKD) dan Konfrensi Cabang GP Ansor Kab Nunukan di Markas Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di Jl. Tien Suharto, Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara), Rabu (9/3/2022).

Ketua PC GP Ansor Kabupaten Nunukan, Agus Salim menuturkan bahwa PKD adalah Pendidikan dan pelatihan kepemimpinan kader tingkat Pertama yang wajib di ikuti oleh setiap orang yang ingin bergabung dengan Ansor.

“Ini menjadi sebuah sistem pengkaderan di GP ANSOR yang diorentasikan untuk melakukan penanaman ideologi kepada anggota, selain itu harapan PKD ini bisa mencetak kader-kader yang berwawasan luas dan siap mempertahankan ideologi bangsa dan keutuhan Pancasila, serta melawan orang-orang yang berfaham luar yang terus ingin mengganti pancasila dengan ideologi lain,” tuturnya.

Terlebih bagi generasi muda Nunukan yang notabene tinggal di wilayah Perbatasan, maka menurut Agus harus ada nilai plus dalam memperkuat konsensus Nasional.

“Apalagi bagi generasi muda yang tinggal di Perbatasan seperti Nunukan, kita dituntut untuk memperteguh konsensus nasional,” tandasnya.

Selain itu, lanjut Agus, dari PKD nantinya diharap akan lahir kader – kader penggerak GP Ansor di tingkat anak cabang dan ranting yang memiliki kapasitas dan kemampuan yang andal.

Selama pelatihan nanti, para peserta diberikan pemahaman untuk meraih kompetensi pelatihan yakni memiliki wawasan keilmuan yang luas dan bobot pengetahuan yang lebih memadai tentang ke-Aswaja-an, ke-NU-an, keindonesian dan kebangsaan.

“Selain itu, ada juga materi tentang ke-Ansor-an dan ke-Banser-an, amaliyah dan tradisi keagamaan di NU, manajemen keorganisasian, serta analisis sosial,” jelasnya.

Sementata terkait Konfercab, Agus mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut adalah untuk regenerasi kepengurusan GP Ansor Kabupaten Nunukan. Dengan Konfercab nanti diharapkan dapat terbentuk kepengurusan GP Ansor yang lebih solid di Kabuapaten Nunukan.

Untuk PKD dan Konfercab ke II GP Ansor sendiri diagendakan di helat pada ahir Maret 2022 di Laura Hotel.

Pewarta: Eddy Santry