Massedi Patarakkai Ade’ Ri Tana Mangkau

BONE, Sulsel — Berandankrinews.com — Kapolres Bone Berikan Award Dalam rangka memeriahkan hari jadi Bone yang ke – 689. Polres Bone bekerja sama dengan Aliansi Seni Budaya Bone dan Sanggar Seni Budaya se-Kabupaten Bone menggelar kegiatan dengan tema “Massedi Patarakkai Ade’ Ri Tana Mangkau”. Rabu (03/4/2019)

Tema tersebut merupakan turunan dari tema besar dari hari jadi Bone ke-689 “Tanam Harapan Gemilang”. Dengan makna bekerja tulus ikhlas untuk mencapai kesejahteraan bersama. Menanamkan suatu harapan dalam benak kita untuk pencapaian yang lebih baik dan paripurna yang akhirnya pada fase kegemilangan.

Arti Tema “Massedi Patarakkai Ade’ Ri Tana Mangkau” adalah bersatu mengangkat adat/budaya di tanah Raja. Seperti tagline dari Kabupaten Bone, Bone Kota Beradat. Ade’/adat merupakan salah satu elemen Budaya, untuk itu ade’/adat diterjemahkan secara luas yakni kebudayaan.

Kapolres Bone AKBP MUH. KADARISLAM KASIM.,SIK., SH., MSI. Selain letak geografis yang luas, Kabupaten Bone memiliki kekuatan budaya. Budaya adalah salah satu modal utama untuk bersaing pada era globalisasi ini. Dan kita memiliki itu.

Tema Massedi/bersatu merupakan ajakan, bersama-sama, bergotong royong, satukan visi untuk mengangkat, memajukan kebudayaan di Kabupaten Bone.

Dengan itu, kebudayaan menjadi salah satu pendorong untuk capaian kesejahteraan bersama. Dalam prosesnya dibutuhkan persatuan yang kuat untuk memajukan kebudayaan demi tercapainya kesejahteraan bersama yang diharapkan.

Event ini menampilkan reportoar pertunjukan tradisional. Performance dari panre Bessi, Massure, Pajoge Angkong, Pagendrang Bajo, Pajaga Welado, Pagendrang Sandro, Tari Mappatindro Ana’, dan Massallo Kawali

Bapak Kapolres Bone berikan Award kepada Sanggar Seni Budaya/kelompok/seniman/pemerhati budaya dengan beberapa kategori yakni, Maestro Seni Tradisi, Pencipta dan pelopor, Pemerhati Seni dan Pemerhati Budaya. Juga, penghargaan dan santunan kepada Almarhum/Almarhumah pekerja seni yang diwakili oleh keluarga masing-masing.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Kapolres Bone atas apresiasinya kepada Sanggar Seni Budaya/Komunitas/Seniman/pemerhati yang telah berkontribusi untuk memajukan kebudayaan dengan membawa nama Kabupaten Bone.

Aliansi Seni Budaya Bone

Irwan N Raju
BIRO Kab. Bone