Loyalitas, Rahasia Penting Kesuksesan ASN PNS

Berandankrinews.com – TANJUNG SELOR – Loyalitas atau kesetiaan kepada pimpinan, menjadi salah satu rahasia penting yang perlu dimiliki oleh seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) Pegawai Negeri Sipil (PNS). Utamanya, yang diamanahkan jabatan di kalangan pemerintahan. Demikian disampaikan Gubernur Kalimantan Utara (Kaltara) Dr H Irianto Lambrie saat membuka Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklat Pim) Tingkat IV Angkatan III Tahun 2019 di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltara, Rabu (26/6) di ruang pertemuan Gedung Gabungan Dinas (Gadis) Pemprov Kaltara.

Disamping itu, ASN PNS juga harus mematuhi dan melaksanakan setiap peraturan yang berlaku. “Saya yakin, jika ASN PNS di Kaltara melakukan hal tersebut maka kesuksesan akan diraih juga karier pun membaik,” ucap Gubernur.

Setelah menunjukkan loyalitas dan mematuhi peraturan yang berlaku, ASN PNS utamanya pejabat pemerintahan dituntut mampu melaksanakan fungsi pelayanan publik sekaligus menjadi pelayan publik secara optimal. “Pelayan publik adalah profesi yang mulia. Jangan malah sebaliknya, ingin dilayani. Tak itu saja, ASN PNS juga harus menjadi perekat pemersatu bangsa. Harus diketahui juga, bahwa imej di masyarakat, fungsi pelayanan publik di wilayah kita, masih kurang baik. Untuk itu, perlu terus ditingkatkan kualitasnya,” beber Irianto.

Tak kalah pentingnya, berbagi pengalaman dan pengetahuan kepada rekan sejawat maupun bawahannya mengenai tanggung jawab juga tugas yang dijalankan. Untuk diketahui, peserta Diklat PIM IV kali ini disertai 34 ASN PNS dari sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Kaltara.(humas)