Lapas Nunukan Lakukan Penggantian Gembok Kamar Hunian

NUNUKAN – Kamis, 24 Februari 2022, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Nunukan melakukan peremajaan fasilitas keamanan dan ketertiban.

Kali ini petugas lapas melakukan perawatan dan penggantian gembok kamar hunian warga binaan.Seluruh gembok yang lama dikumpulkan lalu dilakukan pemeriksaan secara mendetail oleh petugas.

Seluruh gembok tersebut diganti lalu diberikan pelumas agar tidak berkarat dan mudah digunakan,Selanjutnya petugas memeriksa kelancaran anak kunci saat digunakan.

Setelah selesai dibersihkan maka dilakukan penukaran posisi gembok berdasarkan daftar rolling gembok yang sudah disiapkan. Gembok sendiri merupakan salah satu unsur penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban lapas.

Perawatan dan rolling gembok secara berkala dapat mencegah penduplikasian atau pengerusakan kunci yang bisa berakibat pelarian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Kegiatan perawatan dan rolling gembok lapas ini sendiri merupakan salah satu deteksi dini terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban di Lapas Nunukan. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Plh. KasiMinKamtib, Machfudh, dan KPLP, Youga Supriyadi yang dalam kegiatan tersebut menyampaikan bahwa “kegiatan ini kedepannya akan rutin dilaksanakan rolling gembok setiap bulannya.Hal ini juga bertujuan untuk mengecek kelayakan sarana dan prasarana lapas,”ujarnya.

Sebanyak 69 gembok Kamar Hunian diganti dengan yg baru, Kalapas, I Wayan menuturkan bahwa penggantian gembok kamar hunian warga binaan sebagai bagian dari pelaksanaan fungsi Pemasyarakatan yang dilaksanakan jajarannya.

“Kita melaksanakan fungsi pemasyarakatan, yaitu menyiapkan warga binaan agar dapat berintegrasi secara sehat dengan masyarakat, sehingga dapat berperan kembali sebagai anggota masyarakat yang bebas dan bertanggungjawab saat bebas nantinya.

Fungsi tersebut berjalan dengan terciptanya kondisi yang kondusif selama mereka berada di sini, sehingga pembinaan dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” ujarnya.

Menurutnya, jika terjadi gangguan kamtib, tentu akan mengganggu pelaksanaan pembinaan, potensi gangguan itu macam-macam sumbernya.

“Kita cegah dengan salah satu tindakan yakni dilakukannya perputaran ataupun penggantian gembok-gembok tersebut,” jelasnya.

“Lapas Nunukan akan terus berkomitmen melakukan deteksi dini gangguan keamanan dan ketertiban dengan berbagai upaya. Di antaranya dengan melakukan razia kamar hunian secara rutin dan insidentil, perawatan dan rolling gembok, kontrol keliling lapas, dan lain sebagainya. Dirinya juga berharap agar keadaan Lapas selalu aman dan terkendali”. Pungkasnya.

Humas Lapas Kelas IIB Nnk/Yutdalin