Ketua IPSS Nunukan Dorong Masyarakat Fungsikan Lahan Tidur

Nunukan – Menyikapi rencana perpindahan Ibu Kota Negara (IKN) dari Jakarta ke Kalimantan Timur, berbagai pihak mulai mempersiapkan diri menjadi komponen baik penyangga dari segala lini.

Tak terkecuali Kabupaten Nunukan misalnya, daerah yang sebagian wilayahnya berbatasan langsung dengan Malaysia tersebut langsung tanggap dan menyiapkan diri ketika ditunjuk oleh Pemerintah menjadi salah satu penyangga pangan IKN.

Terkait hal tersebut, Ketua Ikatan Pemuda Sulawesi Selatan, Herfiansyah, SH menyatakan bahwa itu merupakan hal yang sangat bagus bagi perkembangan ekonomi masyarakat Nunukan kedepanya. 

Menurut pria yang akrab dipanggil Chovin tersebut, tidak ada yang tak mungkin selagi semua pihak saling berpartisipasi.

“Itu adalah hal yang sangat baik, apalagi banyak lahan tidur di Kabupaten Nunukan ini yang apabila benar-benar dimanfaatkan, pasti ketahanan pangan akan terwujud,” tutur Chovin usai Pelantikan dan Pengukuhan IPSS se Kalimantan Utara di Gedung Akbar, Jl. Fatahillah, Nunukan, Kaltara, Sabtu (19/3)

Menurut Chovin , di kota-kota besar, bahkan masyarakat sampai menanam sayuran dan bahan obat-obatan herbal seperti Jahe, Kunyit dan lainya dalam pot atau memanfaatkan lahan yang tersisa untuk ditanami berbagai tanaman warung hidup (sayuran) dan apotik hidup (tanaman bahan baku obat tradisional).

“Apalagi di wilayah ini, apabila lahan-lahan tidur benar-benar dikelola menjadi lahan produktif, saya yakin Nunukan ini akan menjadi daerah yang kaya dan sudah pasti akan mampu berswasembada,” tekannnya

Contoh paling mudah, ungkap Chovin, tanaman Porang saat ini menjadi salah satu primadona komoditi pertanian yang mempunyai nilai bisnis cukup menjanjikan. Apabila lahan – lahan tidur di Kabupaten Nunukan dikelola untuk budidaya Porang, maka tentu akan mendongkrak perekonomian masyarakat.

Memang untuk mewujudkan hal tersebut tidak lah mudah, perlu sinergitas semua pihak terutama Pemerintah dalam mengedukasi masyarakat. 

“Saya harap Pemerintah juga harus aktif mengedukasi dan mendorong anemo masyarakat agar temotivasi memanfaatkan lahan -lahan tidur milik mereka semaksimal mungkin,” tandasnya.

Melalui organisasinya, Chovin mengungkapkan bahwa IPSS akan mekakukan sosialiasi kepada masyarakat secara langsung. Sebagai organisasi kepemudaan, IPSS menurut Chovin punya tanggung jawab untuk bersinergi dengan semua pihak guna memajukan Kabupaten Nunukan

“Kita siap bersinergi dengan semua pihak terlebih mengenai upaya pemanfaatan lahan -lahan tidur di Kabupaten Nunukan ini,” tegasnya 

Pewarta : Eddy Santri

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE