Gubernur Sulsel Kagum Dengan Hasil Benang Sutera Soppeng

Soppeng, Berandankrinews.com–Gubernur Sulawesi Prof.DR.Nurdin Abdullah, M. Agr bersama rombongan didampingi Bupati Soppeng H A Kaswadi Razak,SE Selatan meninjau rumah pemeliharaan Ulat Sutera di Desa Pising Kecamatan Donri-Donri kabupaten Soppeng, Sulsel,sabtu (23/32019).

Salah satu pemilik usaha tenun, Nurdin menjelaskan bahwa kemampuan alat benang yang digunakan saat ini hanya bisa sampai benang no 24.

“Kendala yang kami hadapi adalah terbatasnya alat untuk membuat benang lebih besar”ungkap Nurdin.

Namun saat ini, lanjutnya, hasil tenun bisa dijadikan beberapa produk, tergantung mau dijadikan baju, gorden, atau sarung.

Sementara Karyawati Nurdin, Fatma menuturkan bahwa dengan alat sederhana ini mampu membuat kain sutera dalam 1 hari sepanjang 3 meter.

Bupati Soppeng H A Kaswadi Razak, SE mengatakan manfaat lain dari usaha ini adalah sisa kepompong yang tidak jadi benang terdapat sari yang dapat dijadikan bahan kosmetik. Selain itu karena kualitasnya bagus maka dalam hal ini Wajo sangat tergantung akan benang sutera dari kabupaten Soppeng.

Gubernur Sul-sel sangat kagum melihat proses pembuatan sutra tersebut, apalagi saat melihat hasilnya, Prof DR Nurdin Abdullah, M. Agr tampak terkagum-kagum.

“Melihat proses pembuatannya yang rumit, kualitasnya sangat bagus dan bersaing, maka harganya pasti disesuaikan,”ungkapnya.

“Setiap jual sutera jangan turunkan harganya karna proses pembuatannya sangat sulit”tutur Gubernur Sulsel.

setelah berkunjung ke tempat pemintalan dan pembuatan benang sutera, gubernur melanjutkan perjalanan ke danau tempe. (Bintang)