Gubernur Ingatkan Pokmaswas Pahami Aturan

Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie, memberikan perlengkapan Pokmaswas meliputi rompi 7 buah dan lampu senter 6 unit, Senin (25/3).

TANJUNG SELOR – Berandankrinews.com – Sebagai upaya meningkatkan pengawasan dalam sektor kelautan dan perikanan, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantam Utara, melakukan Pembinaan Kelompok Masyarakat Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (Pokmaswas) se Kaltara.

Pembinaan itu dihadiri langsung oleh Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie  di Hotel Crown, Senin (25/3).

Gubernur menjelaskan pentingnya Pokmaswas, karena jumlah personel Pemprov Kaltara yang begitu terbatas.

“Sehingga perlu adanya partisipasi masyarakat. Di negara maju sendiri, partisipasi masyarakat muncul berdasarkan inisiatif sendiri. Sehingga jika ada bahaya, mereka akan berinisiatif untuk melakukan pencegahan sendiri,” kata Irianto.

Karena itu, melalui Pokmaswas ini Pemprov membutuhkan dukungan masyarakat untuk mengawasi kelautan dan perikanan yang ada di Kaltara. Karena tugas Pokmaswas ini dilindungi undang-undang yang berlaku. “Tapi ingat kewenangan kita hanya sebatas pengawasan, tidak melakukan penangkapan. Karena itu, para petugas Pokmaswas harus sadar tugas dan fungsinya berdasarkan aturan,”jelasnya.

Gubernur berharap, Pokmaswas dapat terus mencari informasi upaya pengawasan perikanan di laut Kaltara. “Kaltara ini memiliki laut yang cukup luas. Jika garis pantai kita kalau disambung, oanjangbya lebuh dari 3500 km. Harapan saya Pokmaswas dapat terus mencari informasi upaya pengawasan perikanan di laut Kaltara,” katanya.(humas)