Desa Astra Sejahtera Binaan LPPM IAIN Bone sukses Ekspor minyak Nilam ke India dan Pakistan.




Bone-Berandankrinews.com
Tiga Desa Sejahtera Astra (DSA) yaitu DSA Wakatobi, DSA Bombana, dan DSA Bone mencatatkan transaksi ekspor komoditas mencapai Rp6,5 miliar. Komoditas yang diekspor itu antara lain, minyak nilam, ikan, rajungan dan rumput laut.

Hal itu terungkap pada seremoni ekspor produk unggulan yang digelar oleh PT Astra Internasional Tbk di kawasan Pergudangan Garuda di Makassar, Jumat (22/8/2022).

Ketiga desa itu merupakan desa yang mendapat binaan langsung dari PT Astra Internasional
berbentuk program Kontribusi Sosial Berkelanjutan Astra dengan konsep pengembangan yang mengintegrasikan 4 pilar program yaitu Pendidikan, Kewirausahaan, Lingkungan dan Kesehatan.

Untuk Desa Astra Sejahtera wilayah Kab. Bone dan Kab. Bombana pembinaannya dilaksanakan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IAIN Bone akan melakukan ekspor produk minyak nilam. Dan pada kesempatan ini LPPM IAIN Bone juga memperkenalkan produk hasil binaan yang lain, yaitu Kopi Sanrego.

Dalam wawancara sesaat sebelum seremoni dilaksanakan, Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat LPPM IAIN Bone Syamsuriadi M.Si., menjelaskan, bahwa tanaman nilam merupakan penghasil minyak atsiri (Patchouli oil), dan berhasil meningkatkan taraf ekonomi masyarakat.

” Minyak Astiri ini merupakan kebutuhan dunia yang kerap digunakan sebagai bahan campuran pembuatan
kosmetik, farmasi dan aroma terapi yang berfungsi
sebagai zat pengikat/fixative, dan saat ini mampu meningkatkan perekonomian masyarakat petani nilam binaan LPPM IAIN Bone hingga 3 jt/ bulan”, jelasnya dihadapan para petinggi PT. Astra Tbk., Kementerian Perikanan, Kementerian Desa, Kementerian Agama, Kementeria Perdaganan dan Petinggi Pemprov Sulsel serta para Undangan dan pengunjung.

Menurut Chief of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah saat memberikan sambutan mengatakan, kegiatan yang digelar ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka HUT Astra ke-65 dengan mengambil salah satu pilar, yakni kewirausahaan.

Dia mengatakan, kegiatan ekspor tersebut merupakan komitmen Astra dalam mensejahterakan masyarakat di tengah pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi.

“Kami berharap melalui ekspor produk DSA ini, Astra berharap dapat meningkatkan semangat untuk mengembangkan produk unggulan berdasarkan potensi lokal dapat terus dikembangkan dan bersinergi dengan segenap stakeholders terkait,” tutur dia.

Untuk diketahui pembinaan
Desa Sejahtera Astra di Kabupaten Bone dan
Kabupaten Bombana bekerja sama dengan Lembaga
Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Bone telah memberikan manfaat pada 5 Desa Binaan di dua Kabupaten
melalui sistem pertanian berkelanjutan yang ramah lingkungan, dan pada seremoni ini akan melakukan ekspor minyak nilam sebanyak 12.000 kg dengan nilai transaksi Rp. 4.740.000.000, dan siap diekspor ke India dan Pakistan.