Danrem, Dandim dan Kapolres Bone Kompak Hadiri Acara Mattompang Arajang HJB Bone ke 689

Bone, Sulawesi Selatan – Berandankrinews.com – Sabtu (6/4/19), memperingati kejayaan Bone pada masa lampau digambarkan dalam berbagai kegiatan beberapa hari ini, mulai dari napak tilas, ziarah ke makam para raja-raja yang pernah memerintah Bone dan yang terakhir Mattompang Arajang dilapangan merdeka.

Mattompang Arajang diruang terbuka baru pertama kali dilakukan sepanjang sejarah kerajaan Bone.

Kekompakan tiga pejabat TNI POLRI Kabupaten Bone tampak terlihat diacara Mattompang Arajang atau pembersihan benda-benda pusaka Bone dengan tujuan agar lebih mengenalkan budaya Bone kepada masyarakatnya, diawali dengan jalan kaki dari museum Arajang Bone yang terletak di kompleks Rujab Bupati Bone.

Prosesi Mattompang Arajang sendiri dilaksanakan dibawah Reflika Songkok To Bone Raksasa yang berada pas di depan podium kehormatan para pejabat dan tamu undangan, tampak gubernur Sulawesi Selatan, Bpk Prof. Nurdin Abdullah, Menteri pertanian Dr. Ir. Andi Amran Sulaeman, bupati Bone, wakil bupati Bone, Ketua DPW partai Golkar Sulawesi Selatan Bpk H. A. M. Nurdin Halid.

Di deretan kursi berikutnya juga tampak kompak hadir, Danrem 141 Toddopuli Bone Kolonel Infantri Suwarno S A. P dan ibu, Dandim 1407 Bone Letkol Infantri Mustamin dan ibu, serta Kapolres Bone AKBP Muhammad Kadarislam Kasim SH Sik MSI MH juga dengan ibu. Ketiga Perwira TNI POLRI ini tampak kompak menyaksikan prosesi Mattompang Arajang dan tari maggiri yang dipersembahkan oleh bissu.

Tampak juga di podium kehormatan tamu dari kesultanan Buton bersama rombongan para Kadis dan Camat yang di dampingi langsung oleh Sekretaris daerah Bau-bau.

Kekompakan tiga Perwira TNI POLRI ini menjadi sinergitas yang tak terpisahkan hingga kebawah, Kapolres Bone AKBP Muhammad Kadarislam Kasim SH Sik MSI, kehadiran kami di kegiatan HJB Bone ini bukan hanya sebagai pejabat semata, tetapi kami bangga dengan Bone yang tahun ini berusia 689.

Warga masyarakatnya begitu kental menjunjung adat-istiadatnya. Semua wilayah Kabupaten Bone punya potensi yang sangat luar biasa untuk ke depannya. Laut dan daratannya menyimpan berbagai kekayaan dan pesona yang susah menceritakan hanya lewat kata-kata, jelas Perwira pangkat dua bunga ini saat dikonfirmasi Minggu (7/4/19) lewat sambungan WhatsApp pribadinya.

Irwan N Raju
BIRO Kab. Bone