Bupati Nunukan Buka TMMD Ke 105 Kodim 0911 Nunukan di Sebatik

Social share
Dandim 0911 Nunukan, letkol Czi Abdilah Arif membacakan laporan

Nunukan (Kaltara)-Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Tahun 2019 di wilayah Kodim 0911/Nunukan secara resmi dibuka oleh Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid SE, MM bertempat di Desa Lapri dan Desa Seberang, Sebatik Timur Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Tema kegiatan adalah “Bersama TMMD Membangun Untuk Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat,”Kamis (11/7/2019).

Dalam sambutannya, Bupati Nunukan menyampaikan ucapan terima kasih kepada TNI khususnya Kodim 0911/Nunukan yang telah mengadakan program TMMD di wilayah Nunukan khususnya di Pulau Sebatik selama 1 bulan.

Kegiatan non fisik Kodim 0911 Nunukan Sunat Massal

“Program TNI manunggal membangun Desa adalah program lintas sektoral yang melibatkan TNI, Polri Kementerian, Lembaga Pemerintah non kementeriam dan pemerintah daerah serta segenap lapisan Masyarakat untuk membantu meningkatkak kesejahteraan Masyarakat dengan memantapkan wawasab kebangsaan serta membangun persatuan dan kesatuan bangsa dalam menjaga keutuhan negara,” Tutur Bupati Nunukan

Pemilihan lokasi TMMD Ke 105 tahun ini sangat tepat sekali karena berada digaris perbatasan beranda terdepan NKRI yaitu di Desa Lapri dan Desa Seberang Kecamatan Sebatik Utara. Kegiatan TMMD juga merupakan suatu upaya TNi membantu pemerintah memberdayakan potensi wilayah dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam pemberdayaan wilayah pertahanan yang juga ikut menciptakan kondisi sosial masyarakay yang dinamis dalam mewujudksn ketahanan wilayah yang tangguh menghadapi berbagai ancaman.

“Program TMMD selama ini telah banyak membantu tugas pemerintah didaerah dalam meningkatkan akselerasi pembangunan dan membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Kegiatan tentara manunggal masuk desa ini dimaksudkan sebagai salah satu upaya percepatan pembangunan, baik yang bersifat fisik maupun non fisik yang melibatkan TNI yang bermitra dengan pemerintah daerah. Tentu hal ini memerlukan perhatian yang serius dari semua pihak, khususnya pembangunan infrastruktur dikabupaten Nunukan,” ujar Bupati Nunukan.

Dia berharap Program TMMD mampu mempercepat roda pembangunan yang selama ini terus digalakkan oleh pemerintah, baik pusat maupun daerah. “Harapan saya pada kegiatan ini, manfaatnya dirasakan oleh masyarakat yang ada di seluruh sasaran pelaksanaan TMMD,” Tuturnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0911 Nunukan, Letkol Czi Abdillah Arif, dalam laporannya, menyampaikan sasaran program TMMD ke-105 adalah sasaran fisik meliputi kegiatan fisik Pembuatan Badan Jalan 6 mx 1.300 m, Pembuatan 2 jembatan/Plat Deker, 5 mx 4,5 m, Pembuatan 2 jembatan/Plat Deker, 5 mx 6 m dan Pembuatan 1 Unit MCK 4 m x 3 m. Sedangkan sasaran non fisik meliputi kegiatan Penyuluhan Bela Negara, Penyuluhan Wawasan Kebangsaan, Penyuluhan Pertanian, Perkebunan dan perikanan, Penyuluhan Kesehatan dan KB, Penyuluhan Hukum dan Bahaya Narkoba, Penyuluhan Radikalisme dan Terorisme dan, Pelayanan Kesehatan dan Sunatan Massal.

Hadir dalam upacara pembukaan TMMD tersebut diantaranya Staf Ahli Pangdam V Mulawarman Kolonel Abu Bakar, Kasrem 091 ASN Kolonel Ruslan Efendi, Bupati Nunukan, Hj Asmin Laura Hafid, SE, MH, Dandim 0911/Nunukan Letkol Czi Abdillah Arif, Danlanal Nunukan, Letkol Laut (P) M. Machri Mokoagow, M.Tr.Hanla, Kapolres Nunukan AKBP Teguh Triwantoro, SIK, MH, Ketua DPRD Nunukan H Danni Iskandar, Kepala OPD dan Forkofimda, Camat, Kepala Desa Persit Kodim 0911/Nunukan, Tomas, Toga, Todat dan Masyarakat Sebatik. (Red)