Bupati Hadiri MUSRENBANG RPJMD 2021-2026 Provinsi Kaltara, Apa sajakah Usulan Pemkab Nunukan ?

NUNUKAN – Dari Ruang Rapat VIP lt. IV Kantor Bupati Nunukan, Bupati Nunukan Hj. Asmin Laura Hafid, Ketua DPRD Hj. Leppa, Kepala Bappeda Litbang Kab. Nunukan, serta Kepala OPD di lingkungan Pemkab Nunukan menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan RPJMD 2021-2026 Provinsi Kalimantan Utara yang dilaksanakan secara virtual, Selasa (15/6)

Dalam MUSRENBANG kali ini Bupati Laura menyampaikan 26 usulan prioritas Kabupaten Nunukan, apa sajakah itu ?

Pada bidang bidang pendidikan, kabupaten Nunukan mengusulkan pengadaan tenaga guru untuk SMA dan SMK Di Kabupaten Nunukan, pembangunan SMK yang dilengkapi dengan asrama siswa di Kecamatan Lumbis Pansiangan, serta pembangunan SMA yang dilengkapi dengan asrama siswa di Kecamatan Lumbis Hulu.

Di bidang kesehatan diusulkan pengadaan tenaga medis untuk 3 Rumah Sakit Pratama (Kec. Sebuku, Kec. Sebatik Dan Kec. Krayan), tambahan kuota untuk peserta JKN (Jaminan Kesehatan Nasional).

Sedangkan untuk terus meningkatkan pelayanan listrik di desa desa dan pelayanan publik di kecamatan, pemerintah Kabupaten Nunukan kali ini mengusulkan pengadaan jaringan listrik untuk Rumah Sakit Pratama di Kecamatan Krayan, Pembangunan jaringan listrik dari Long Bawan Kecamatan Krayan Menuju Kantor Camat Krayan Timur (Desa Long Umung) terdapat 12 Desa, pembangunan Jaringan Listrik Menuju Kantor Camat Sebatik Timur ( Panjang 9 KM ) dan desa Setabu.

Pada bidang pelayanan transportasi diusulkan SOA (Subsidi Ongkos Angkut) barang dan penumpang untuk 5 Kecamatan Di Krayan, SOA barang dan penumpang untuk Kecamatan Lumbis Pansiangan dan Lumbis Hulu.

Sektor pertanian, peternakan dan perkebunan juga tak luput dari perhatian pemerintah daerah sehingga turut diusulkan diantaranya pembukaan dan pematangan lahan teknopark pertanian organik di Krayan Selatan, pengadaan bibit ternak sapi Bali 100 ekor di Kecamatan Seimenggaris, pengadaan program peremajaan kelapa sawit rakyat di Kecamatan Sebuku, Kec. Tulin Onsoi, Kec. Sembakung, Kecamatan Sembakung Atulai Dan Kec. Lumbis, pembangunan jalan usaha dan perkebunan untuk tanaman pangan di Kabupaten Nunukan, serta peningkatan Jalan Lingkar Pulau Nunukan.

Di bidang pariwisata, lanjutan pembangunan pariwisata di Bukit Yufai Semaring Kecamatan Krayan menjadi usulan dari Pemkab Nunukan.

Dibidang Kelautan dan perikanan, Pemkab Nunukan mengusulkan pembangunan lantai jemur di Marine Tecnopark Mansapa Kecamatan Nunukan Selatan, serta pengadaan alat tangkap di Pulau Nunukan dan Pulau Sebatik.

Pada Infrastuktur jalan, diusulkan pembangunan dan peningkatan jalan lingkar di Kecamatan Krayan, pembangunan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Jalan Lingkar yang perencanaannya telah dikerjaan oleh Dinas PU Provinsi tahun 2017, serta peningkatan Jalan (Konektivitas Antar Desa dan Kecamatan) di wilayah Perbatasan.

Pada bidang telekomunikasi diusulkan pembangunan tower untuk desa dan kecamatan yang Blank Spot, pengadaan VISAT Internet untuk Kantor Kecamatan Lumbis, Kec. Tulin Onsoi, Kec. Lumbis Hulu, Kec. Lumbis Pansiangan dan Kecamatan Seimenggaris, serta pengadaan VISAT Internet Untuk Puskesmas Pembeliangan Kecamatan Sebuku.

Selain itu, pengadaan PLTS untuk Desa Setabu Kecamatan Sebatik Barat, serta pengadaan alat uji berskala kendaraan bermotor untuk Kecamatan Nunukan juga diusulkan.

(Humas)