Bantuan Kepada POKDAKAN dan KUB Nelayan, Satu Lagi Program Pengendali Inflasi dari Pemkab Nunukan

NUNUKAN – Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid didampingi Kepala Dinas Perikanan Suhadi, S. Hut menyerahkan secara simbolis bantuan berupa barang yang bersumber dari Dana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kepada Kelompok Pembudidaya Ikan (POKDAKAN) dan Kelompok Usaha Bersama (KUB) Nelayan di Kabupaten Nunukan, bertempat Aula Kantor Gabungan Dinas 1 (Gadis 1) jalan Ujang Dewa Kelurahan Nunukan Selatan, Jum’at ( 2/12 ).

Penyerahan Bantuan ini sejalan dengan salah satu Visi Kabupaten Nunukan 2021-2026 “Mewujudkan Kabupaten Nunukan Yang Aman, Maju , Adil dan Sejahtera. dengan Misi salah satunya adalah “Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi Daerah Yang Berbasis Sumber Daya Lokal.”

Sebagai upaya pengendalian Inflasi sektor perikanan bantuan yang diberikan kepada Pembudidaya dan Nelayan di sentra-sentra Produksi Budidaya dan sentra-sentra Produksi Perikanan tangkap. Pemerintah Daerah sangat mengapresiasi kerja-kerja yang telah dilakukan baik oleh Pembudidaya maupun Nelayan untuk tetap menjaga produksinya sehingga membantu bergeraknya perekonomian di tengah masyarakat.

Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid berkomitmen dalam mengatasi permasalahan Inflasi Daerah, tingginya harga pangan merupakan salah satu pemicu dalam Inflasi di Nunukan, selain itu kenaikan harga BBM pun menjadi salah satu faktor Inflasi yang berpengaruh cukup besar.

Di akhir sambutannya Bupati Laura berharap melalui bantuan ini pelaku usaha perikanan di Kabupaten Nunukan dapat terbantu dalam meningkatkan produksinya terutama dalam menghadapi situasi inflasi dan kenaikan harga BBM saat ini.

“Semoga dengan adanya bantuan sarana Produksi ini Pembudidaya maupun Nelayan lebih bersemangat lagi untuk melaksanakan aktivitasnya sehingga kita secara bersama-sama, bahu membahu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat perikanan khususnya dan masyarakat Nunukan pada umumnya,” pungkas Bupati Laura

Pada kesempatan ini Bupati Nunukan Hj Asmin Laura Hafid menandatangani Berita Acara Serah Terima Hibah Barang milik Daerah dan menyerahkan secara simbolis Sarana dan Prasarana Penangkapan Ikan kepada kelompok Usaha Bersama (KUB) sebagai penerima bantuan yang masih aktif dalam bidang Usaha perikanan tangkap.

Jenis barang yang diterima adalah 31 Unit Generator Set (Genset). Sedangkan Sarana dan Prasarana Pembudidayaan Rumput Laut berupa Tali PE No 7 masing-masing kelompok 84 Kg, Benang PE masing-masing 10 Roll, Waring dan Terpal masing-masing 1 buah yang diberikan kepada 25 POKDATAN (Kelompok Pembudidaya Ikan).

Beberapa langkah dan strategi dalam penanganan inflasi dilakukan oleh Pemerintah Daerah, baik dalam jangka panjang maupun jangka pendek, sesuai Arahan Bupati Nunukan, penanganan inflasi di Kabupaten Nunukan dalam jangka pendek antara lain menggelar Pasar Murah dan Pasar Penyeimbang, serta bantuan sosial berupa Bantuan Langsung Tunai (BLT) BBM bagi pelaku usaha perikanan.

(PROKOMPIM/Nam)