12 Atlet Yang Mengikuti O2SN Cabang Olahraga Karate Tingkat Kabupaten

Soppeng (Sul-Sel), Berandankrinews.com – Sebanyak 12 Atlet tingkat SD dan SMP Se-Kabupaten Soppeng mengikuti Kejuaraan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Cabang Olahraga (Cabor) Karate yang berlangsung di Gedung Koni Jalan Samudra Watan Soppeng, Senin (25/3/19).

Kejuaraan tersebut diselenggarakan guna untuk mencari bibit-bibit baru cabor karate, Serta untuk menyeleksi atlet karate yang akan mewakili bumi Latemmamala Kabupaten Soppeng di kejuaraan tingkat provinsi Sulawesi Selatan yang akan datang.

Ketua Panitia Pelaksana, Muhammad khalik, S.Pd, M.Si Menuturkan Kegiatan ini merupakan seleksi secara berjenjang yang di awali dari seleksi tingkat sekolah, tingkat Kecamatan dan sekarang tingkat kabupaten yang hasilya nanti untuk mewakili kabupaten Soppeng ke O2SN tingkat Provinsi.

Khalik menambahkan bahwa kegiatan ini di laksanakan lebih awal dari jadwal sesuai juknis yang seharusnya nanti di triwulan kedua, akan tetapi karena siswa-siswi akan mnghadapi ujian dan bulan ramadhan maka dengan pertimbangan tersebut sehingga lebih cepat di laksanakan.

“ini srategi yang kami lakukan, agar persiapan untuk mengikuti ke jenjang berikutnya ditingkat provinsi bisa lebih matang,”pungkasnya

Sementara itu, di tempat yang sama koordinator Pertandingan Abdullah, SmHk, SE menyampaikan bahwa atlet yang terdaftar sebanyak 12 orang yang terbagi dari 6 atlet dari SD Putra /Putri dan 6 atlet dari SMP Putra /Putri.

Adapun penilaiannya, disebutkan Abdullah bahwa dalam O2SN cabor karate ini dibagi menjadi empat kelas pertandingan, yaitu kelas pertandingan Kata Perorangan PA/PI serta Kelas pertandingan Kumite Perorangan PA/PI.

Kordinator Pertandingan Wasit/Juri Karate

“Untuk kategori penilaian, di pertandingan Kata semangat gerak, speed power, dan bentuk dari semua gerakan. Sedangkan, untuk pertandingan kelas Kumite ada beberapa poin penilaian,” beber Abdullah yang juga mantan anggota DPRD.

Pada olimpiade yang diselenggarakan setiap tahun ini, yang Juara 1, 2, dan 3 akan mendapatkan hadiah berupa Tropi dan Piagam. (Bintang)