108 Peserta PKBM Imanuel Kejar Paket C Ikuti USBN

Social share

Nunukan, Berandankrinews.com-Sebanyak 108 peserta program kesetaraan kejar paket C atau setara SMA Pendidikan Non Formal Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Imanuel mengikuti Ujian Sekolah Berbasis Nasional (USBN) di Gedung PKBM Imanuel, di Jalan Pongtiku Rt. 16 Kelurahan Nunukan Tengah Kecamatan Nunukan, Kaltara, Senin (8/4).

USBN bagi peserta Kejar Paket C dilaksanakan selama empat hari, mulai Senin (8/4) sampai Kamis (8/4). Adapun mata pelajaran yang diujikan dalam USBN Kejar Paket C pada hari pertama meliputi ; Bahasa Indonesia, Geografi dan pendidikan Agama.

Sementara hari kedua diujikan mata pelajaranMatematika, Pendidikan Kewarganegaraan (PKN), Bahasa Inggris, hari berikutnya Sosiologi, Ekonomi dan Sejarah. Kemudian di hari terakhir terdiri pelajaran Penjaskes/olahraga, Muatan Lokal (Mulok) dan Seni Budaya.

Ketua Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Imanuel, Agustinus Sani Keban, SE Senin (8/4) mengatakan, dari jumlah peserta belajar yang ada, 4 peserta tidak bisa mengikuti USBN karena tidak pernah hadir belajar, berkasnya tidak lengkap dan namanya ada dua didaftar.

“salah satu kendalanya karena berkas, karena berkaskan kita ini dapodik. kalau berkasnya tidak ada apa yang akan kita masukan ke dapotik, kemudian namanya dua kali terdaftar, sudah ada nama tapi namanya ada lagi,” katanya.

Bagi yang tidak bisa mengikuti USBN saat ini, nanti tahun depan baru bisa lagi mengikuti belajar, kata Agustinus Sani Keban.

Sebagian peserta program Kejar Paket C merupakan siswa yang pernah mengikuti pendidikan formal di SMA/MA/SMK namun tidak sampai lulus atau keluar sebelum USBN/UNBK. Sebagian lagi peserta yang memang belum pernah menempuh pendidikan di SMA/MA/SMK.

“Sebagian yang mengikuti adalah siswa yang belum lulus di sekolah formal, ada juga yang memang dari paket A”, tandasnya.

sementara untuk waktu pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Kejar Paket C dijadwalkan selama empat hari mulai Jumat (12/4) hingga Senin (15/4) bertempat di SMA Negeri 1 Nunukan.

“Untuk UNBK nanti tanggal 12-15 April, di SMA Negeri 1 Nunukan, mata pelajarannya terdiri Bahasa Indonesia, Geografi, Matematika, Sosiologi, Bahasa Inggris, PKN, dan Ekonomi. Semua peserta USBN/UNBK paket C diharapkan sukses 100 persen”,”Jelasnya

Meskipun dengan kondisi ruangan dan Fasilitas yang kurang memadai tidak membuat para peserta patah semangat dalam melaksanakan USBN, namun hal ini juga perlu menjadi perhatian Pemerintah khususnya Dinas Pendidikan.

Agustinus Sani Keban menuturkan, sangat mengharapkan adanya bantuan sarana prasarana untuk menunjang semangat belajar peserta PKBM.

“Sangat-sangat mengharapkan, Karena ini UNBK, Kalau bisa kami diberikan fasilitas tambahan komputer. saat ini kami memiliki tujuh unit komputer namun tidak mencukupi dengan 100 peserta. Sementara meja ini sebagian meja guru yang digunakan untuk USBN, jadi Sarana prasarananya berupa meja, kursi kita juga sangat butuhkan karena ini 100 orang lebih belum lagi paket A dan B,”Harapnya. (OV)