Upacara Militer Antar Pemakaman Mayjen TNI (Purn) H. Zainal Basri

Social share

BONE – Setelah sempat disemayamkan, almarhum Mayjen TNI (Purn) H. Zainal Basri Palaguna akhirnya dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Lappariaja, Desa Sampie, Kecamatan Lappariaja, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, Kamis (03/10).

Pemakaman almarhum ditandai dengan upacara militer yang dimana Inspektur Upacara (Irup) diambil alih oleh Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Surawahadi S.IP., M.Si.

Dengan suasana hening, Mayjen TNI Surawahadi mengatakan pemakaman upacara secara militer ini sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan pemerintah atas pengabdiannya kepada bangsa dan negaranya. Mayjen TNI Surawahadi pun menyampaikan turut berbelasungkawa atas kepergiaan sosok pejuang.

“Selaku inspektur upacara, dan seluruh keluarga besar Kodam Hasanuddin mengucapkan turut berbelasungkawa, semoga Allah SWT memberikan ketabahan kepada seluruh keluarga yang ditinggalkan. Kita kehilangan putra terbaik bangsa dan setia kepada negara,” ucap Pangdam.

Pemakaman tersebut disaksikan oleh keluarga dan kerabat serta ratusan pengantar lainnya di pemakaman setempat. Almarhum meninggal dunia pada Rabu (2/10/2019) sekira pukul 16.15 WITA. Almarhum meninggal dunia karena menderita penyakit. Dalam kariernya di dunia militer, almarhum pernah menjabat sebagai Danrem 132/Tdl tahun 1986-1988, Danpusterad tahun 1990-1991 dan Pangdam VII/Wirabuana (XIV/Hasanuddin) tahun 1991-1993.

Irwan N Raju

Biro Kabupaten Bone