Rakor Forkopinda Dan Penyerahan Dipa Tahun 2020 Penekanan Percepatan Pembangunan Di Sulsel

MAKASSAR – Rakor Forum Komunikasi Pimpinan Daerah  dan Penyerahan Dipa Tahun 2020 dilaksanakan di ruang Pola Kantor Gubernur, yang dihadiri langsung oleh Gubernur Sulsel dan seluruh unsur Forkopimda, seluruh Bupati dan Walikota dan lembaga vertikal serta perangkat daerah Provinsi dan Kabupaten Kota Se Sulsel, Senin (18/11/2019).

Dalam acara rakor ini di pimpin langsung Gubernur Sulsel, Prof. Nurdin Abdullah dan dalam pengarahannya ditekankan bahwa rakor ini adalah bagian dari tindak lanjut rakor tingkat nasional yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi di Jakarta.

Dalam sambutannya gubernur menyampaikan untuk melakukan percepatan laju pembangunan didaerah Sulsel dengan fokus terhadap pembukaan lapangan kerja dengan menghadirkan industri dan investasi.

“Untuk itu kita minta seluruh Kabupaten Kota agar ramah investasi, dengan memberikan kemudahan dan kepastian kepada investor, dimana segala aturan yang dinilai dapat menghambat investasi agar di hapuskan dengan mengganti regulasi yang memudahkan, dengan sistem pelayanan yang cepat, tidak birokratik yang menyulitkan, ungkapnya.

Lanjut Gubernur menyampaikan bahwa untuk percepatan pembangunan di Sulsel terkhusus program strategis pemerintah dibolehkan untuk mengambil langkah diskresi bila hal itu diperlukan yang penting di kordinasikan dengan semua pihak yang terkait.

Hal lain juga yang ditekankan gubernur adalah agar terus memperkuat kolaborasi dan sinergitas dengan semua stakeholder Pusat, Provinsi dan Kabupaten Kota, Perguruan Tinggi, dan masyarakat.

Lanjut beliau menekankan pentingnya transparansi dan keterbukaan informasi terkait dengan tatakelola pemerintahan, pembangunan dan pemberdayaan masyarakat’ sehingga kita mengundang partipasi publik sebagai subjek pelaku pembangunan, tuturnya.

Dalam rakor tersebut Forkopimda Sulsel sepakat untuk memperkuat harmonisasi dan kolaborasi dalam menyelesaikan seluruh permasalahan yang ada dan terkait dengan akuntabilitas tatakelola keuangan adalah mengedepankan pencegahan tidak membiarkan terjadi permasalahan di hilir karena sudah di matangkan dibagian hulunya’ kunci gubernur.

Iwan Hammer
Kabiro Sulsel