Program Dana Desa Membantu Desa Tertinggal

Social share

Nunukan Kaltara, (BerandaNkriNews)–Kepala Desa Seberang Hambali sangat bersyukur dengan adanya Bantuan Dana Desa yang diprogramkan Presiden untuk memajukakan desa-desa tertinggal yang berada diperbatasan khususnya di pulau sebatik Nunukan,Kalimantan Utara.

Dengan adanya program itu,pembangunan Desa seberang semakin meningkat ditambah kesejahteraan Masyarakatnya.

Foto bersama kepala desa, perangkat desa dsn awak Meddia

Saat ditemui awak media diruangan kerjanya Hambali menyampaikan desa Seberang dalam juknis desa yang tertinggal

“Dalam juknis Desa Seberang desa yang tertinggal, Namun dengan adanya program DD kita coba mengejar ketertinggalan kita” ujar Hambali, Kamis (6/9).

Dia menambahkan jika angka kemiskinan 2015 hingga 2018 mengalami perubahan

“jika data pada tahun 2015 Angka kemiskinan di desa Seberang sebanyak 115 kepala Keluarga dan pada tahun 2016 angka kemiskinan menurun menjadi 88 kk , kemudian tahun 2017-2018 angka kemiskinan menjadi 80 Kk masih dengsn acuan Raskin” tambahnya.

Hambali menjelaskan Untuk ADD lebih mengacu kesejahteraan masyarakat, staf dan perangkat desa sedangkan untuk DD berkaitan dengan pengalokasian dana desa fisik khusus untuk infrastruktur.

Desa Seberang lebih memprioritaskan Pembangunan Infrastruktur dan mengutamakan prestasi serta kesejahteraan masyarakat.

“7 kegiatan yang dibangun desa seberang diantaranya rehap pagar keliling 2 posyandu, tuguh garuda perkasa, drainase, plat decker,lapangan volly, untuk tahap ke-3 jembatan jerambi akan dikerjakan, yang belum dibangun saat ini drainase jalan tani sawah lapangan volly dan takraw. lanjutnya, Drainaise sudah mencapai tahap 50%, namun masih ada kendala tahap ke 3 belum direalisasi kan dananya belum keluar” jelas Hambali.

Masyarakat sangat menerima dengan adanya pembangunan di Desa Seberang, dengan diadakan musyawarah dusun,desa dan musrembang kecamatan.

Dengan mengacu ke RKP dan rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) dengan menawarkan pembangunan ke masyarakat yang diprioritaskan.

Harapnya siapapun presiden nantinya bisa melanjutkan Program Dana Desa ini agar masyarakat yang ada di Desa bisa semakin maju.

“semoga program dana desa bisa berkelanjutan, siapapun nantinya presiden kita semoga bisa melanjutkan program dana desa ini” tutur Hambali.