Pelantikan Ketua dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Wajo Definitif Digelar

WAJO – Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Wajo dalam rangka Pengucapan Sumpah/Janji Pimpinan DPRD Kabupaten Wajo Masa Jabatan 2019-2024”. Di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Wajo lantai II , Senin 7 Oktober 2019.

Rangkaian acara pada hari ini diantaranya menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan dengan Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Wajo yang dipimpin langsung oleh Ketua sementara DPRD Kabupaten Wajo H. Andi Muhammad Alaudin Palaguna, S.Sos.

Dilanjutkan dengan Pembacaan SK Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan Nomor 1785/X/2019, tentang penetapan Ketua DPRD Kabupaten Wajo H. Andi Muhammad Alaudin Palaguna, S.Sos. dan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Wajo Ir. H. Firmansyah Perkesi, M.Si. dan Ir. H. Andi Senurdin Husaini oleh Sekretaris DPRD Kabupaten Wajo Drs. H. Muhammad Saleng, M.M.

Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan Sumpah Jabatan kepada Ketua DPRD dan Wakil Ketua DPRD defejitif tahun 2019-2024 oleh Hakim Pengadilan Negeri Kabupaten Wajo Arico Sitanggang, S.H., M.Kn. yang dilanjutkan dengan Penyerahan Surat Keputusan Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan kepada Ketua dan Wakil Ketua DPRD terpilih oleh Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si.

Sambutan Bupati Wajo Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si. yang menyampaikan bahwa Beberapa minggu yang lalu telah diikuti dan di saksikan bersama pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Wajo Masa Jabatan 2019-2024 yang ditandai dengan pengucapan Sumpah/Janji yang kemudian dilanjutkan dengan masa orientasi yang diselenggarakan oleh BPSDM Provinsi Sulawesi Selatan sebagaimana amanat peraturan perundang-undangan.

Selanjutnya setelah fase tersebut, para Anggota DPRD telah menjalankan tugas dan fungsinya sebagaimana yang diamanahkan oleh seluruh masyarakat Kabupaten Wajo.

Tentu dalam menjalankan tugas tersebut tidaklah mudah mengingat belum ditetapkannya unsur pimpinan DPRD, pimpinan komisi, pimpinan fraksi, dan alat kelengkapan lainnya yang menjadi motor penggerak DPRD dalam menjalankan 3 (tiga) fungsi utamanya.

“Diluar daripada itu perlu kita berikan apresiasi yang sangat luar biasa kepada para legislator kita, yang mana beberapa waktu lalu mampu menampung aspirasi demonstran yang dilakukan oleh Aliansi Mahasiswa dan organisasi Kemahasiswaan serta organisasi masyarakat dalam menanggapi RUU KPK dan beberapa Rancangan undang-undang lainnya. Hal ini tentu saja menjadi awal yang baik berkaitan dengan kinerja DPRD dalam mengawal aspirasi masyarakat pada umumnya,” ungkap Bupati Wajo.

Hal lainnya yang perlu kita apresiasi yakni kesigapan DPRD bekerjasama dengan TNI-Polri meredam aksi demonstran, yang berlangsung selama beberapa hari sehingga tidak terjadi hal-hal diluar batas kemampuan kita. Ini menjadi cerminan kita kedepan bagaimana kinerja Anggota DPRD yang baru dilantik beberapa waktu lalu, dapat mewakili seluruh lapisan masyarakat yang memilihnya,” Bupati Wajo menambahkan.

Dan dikatakan kalau pelantikan pimpinan DPRD hari ini, merupakan momentum awal dan strategis bagi DPRD Kabupaten Wajo untuk melakukan penguatan kelembagaan. Unsur pimpinan DPRD yang baru saja dilantik diharapkan mampu menjadi pengayom dalam menjalankan fungsi fungsinya.

Lebih lanjut dikatakan kalau tentu saja hal ini tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Oleh karena itu, tentu pimpinan dan Anggota DPRD harus bekerja ekstra dalam menjadikan DPRD sebagai Lembaga terhormat, karena memiliki tugas dan fungsi yang vital dalam pemerintahan daerah. Kepemimpinan DPRD dalam hal ini sangat menentukan keberhasilan lembaga DPRD dalam menjalankan ketiga fungsi utamanya dalam sistem pemerintahan daerah.

Sejalan dengan hal tersebut, para pemimpin pendahulu pada masa Kerajaan Wajo, mewariskan etika kepemimpinan yang hingga saat ini masih sangat relevan kita adopsi. Etika kepemimpinan yang mereka miliki yakni, warani, malempu, na magetteng juga merupakan penjabaran nilai adat-istiadat dan kearifan lokal.

“Harapan kami kedepan, melalui kegiatan pelantikan pimpinan DPRD hari ini, Semoga Lembaga DPRD selalu bisa memberikan kontribusi dalam menciptakan regulasi-regulasi yang mewakili hati Nurani untuk kemaslahatan masyarakat kabupaten wajo yang maju dan sejahtera,” kata Dr. H. Amran Mahmud, S.Sos., M.Si.

“Terakhir, sekali lagi saya mengucapkan selamat atas pelantikan Pimpinan DPRD Kabupaten Wajo Masa Jabatan 2019-2024. Semoga kerja sama yang telah terjalin harmonis selama ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan pada masa mendatang, tentunya dalam mewujudkan impian dan cita-cita masyarakat Wajo,” ucap Bupati Wajo.

( Humas Pemkab Wajo )