“Peduli Kesehatan WBP Lanjut Usia, Lapas Nunukan Gandeng Puskesmas Nunukan Guna Lakukan Pemeriksaan Rutin”

NUNUKAN – Dalam rangka mewujudkan pelayanan kesehatan yang baik bagi Warga Binaan Pemasyarakatan, Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Nunukan melaksanakan pemeriksaan kesehatan rutin yang dilaksanakan setiap hari kerja, kali ini pemeriksaan dilaksanakan khusus bagi WBP Lansia Lapas Nunukan yang bekerja sama dengan Puskesmas Sedadap Kab. Nunukan, seperti yang terlihat di pagi ini, Dokter serta perawat dan Petugas kesehatan sibuk melaksanakan pemeriksaan kesehatan kepada WBP Lapas Nunukan bertempat di aula Pengayoman (22/02/2022).

Kesehatan merupakan salah satu hak dasar yang harus dipenuhi oleh Negara bagi seluruh warga negaranya tanpa terkecuali, begitu juga bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang menjadi tanggung jawab Lembaga Pemasyarakatan atau Rumah Tahanan Negara (Lapas/Rutan) yang harus mendapat pelayanan kesehatan dan perawatan yang baik.

Pelayanan yang tersedia sekaligus juga bersifat komprehensif yang meliputi penyuluhan kesehatan, pemeriksaan kesehatan, pengobatan, rujukan ke pelayanan kesehatan dan kesehatan lingkungan.

Seperti yang disampaikan oleh dr.Evi Maryani, PLT puskesmas sedadap bahwa kegiatan yang dilaksanakan adalah hal yang rutin dilakukan oleh tim medis lapas Nunukan dengan tenaga kesehatan puskesmas sedadap yang terus bekerjasama melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan yang mempunyai faktor resiko seperti obesitasi, lansia, pemeriksaan tekanan darah, atau yang mempunyai riwayat penyakit sebelum yang bersangkutan bermasalah dengan hukum.

“Pemeriksaan kali ini dikhususkan kapada WBP yang sudah lanjut usia untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan lebih lanjut, yang kami lakukan ini adalah pemenuhan dari salah satu hak narapidana dan tahanan yaitu hak mereka untuk mendapatkan layanan kesehatan yang layak” ujar Plh. Kalapas, Arnado Abrinata. Hal senada juga disampaikan oleh Edi Purwanto Kasubsi Perawatan, bahwa layanan kesehatan kepada WBP ini adalah hal mutlak yang harus dilaksanakan.

“Kita disini bekerja dalam satu tim, perawat dan tim kesehatan lainnya bahu membahu melayani WBP Lapas Nunukan terkait dengan masalah kesehatan yang mereka alami, kalau memang sakitnya tidak bisa kita tanggulangi, maka tim kesehatan melalui Kasubsi Perawatan akan melapokan kepada atasan kami untuk dapatnya bisa merujuk WBP tersebut ke rumah sakit” ujar Arnado Abrinata.

Humas Lapas Kelas IIB Nnk/Yutdalin